Yuk Bikin Pastri Choux dengan Topping Coklat. Mudah Kok!

Merries Insight
17 Desember 2018
Resep
Share
Yuk Bikin Pastri Choux dengan Topping Coklat. Mudah Kok!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Adonan harus dimasak dengan sempurna
  2. Bahan Utama Pastri Choux
  3. Cara Membuat Pastri Choux
  4. Membuat Pastri Dengan Topping Coklat

Sebenarnya membuat choux pastry tergolong sangat mudah. Tapi sayang, banyak orang yang kurang sempurna dalam mengolah bahan-bahannya, hingga adonan choux yang dibuat tidak​ ​mengembang sempurna, dan bahkan cenderung lembek atau malah keras.

Adonan harus dimasak dengan sempurna

Ada 3 adonan utama pastri yang harus dimasak dengan sempurna, dia adalah air, susu dan mentega (butter). Ketiga bahan ini harus ​di​didihkan dulu, kemudian ditambahkan dengan terigu. Aduk adonan ini hingga benar-benar kalis.

Untuk toppingnya, Mom bisa memilih sendiri sesuai selera. Nah dalam resep kali ini, kita akan membuat pastri choux dengan topping coklat. Mudah kok, yuk kita praktekkan!

Bahan Utama Pastri Choux

  • 58 gram mentega (butter)
  • 125 ml air
  • 125 ml susu UHT putih
  • 110 gram tepung terigu serba guna
  • 1/4 sdt garam
  • 4 butir telur
  • Cokelat hitam, dilelehkan

Cara Membuat Pastri Choux

  1. Dalam panci ukuran sedang, masak air, susu dan mantega, dengan tambahan sedikit garam. Panaskan hingga mentega meleleh dan air mendidih. Matikan api.
  2. Masukkan tepung terigu, dan aduk adonan dengan kuat dan cepat hingga adonan tidak menempel di panci dan membentuk bola adonan lembut.
  3. Masak kembali adonan selama 1-2 menit untuk mengurangi kelebihan air. Masak terus sambil diaduk dengan cepat.
  4. Ambil dan pindahkan adonan ke dalam mangkuk besar, aduk terus adonan menghilangkan uap air dan membuat adonan sedikit dingin.
  5. Tambahkan telur, kemudian aduk hingga rata dan adonan terasa lebih halus dan mengkilap. Segera bentuk adonan, dan panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 35 menit.
  6. Putar-putar loyang selama pemanggangan agar kulit pastri matang merata, hingga warna kulitnya berubah jadi berwarna coklat keemasan.

Membuat Pastri Dengan Topping Coklat

Untuk menambahkan topping, Mom bisa melakukannya dengan 2 cara, yang pertama sebelum dipanggang, pastri bisa diberi topping cokelat. Yang kedua, bisa setelah pastri keluar dari loyang, potong sedikit bagian atas kulitnya, dan masukkan krim ke dalamnya.

Setelah itu, bekas potongan (untuk memasukkan krim) dengan adonan cokelat yang sudah dilelehkan. Biarkan hingga topping cokelat mengeras, dan adonan jadi dingin. Selamat mencoba!