Yuk Bikin Pancake Super Tebal dan Lembut!

Merries Insight
06 Desember 2017
Resep
Share
Yuk Bikin Pancake Super Tebal dan Lembut!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Sirop maple kunci kelezatan pancake
  2. Bahan utama
  3. Bahan untuk diayak
  4. Bahan pelengkap
  5. Cara membuat
  6. Saran penyajian 

Idealnya pancake memiliki tekstur berpori dan fluffy (tekstur tebal, tapi lembut). Sebagai penyempurna, Moms bisa menambahkan sirop maple dengan beberapa iris pisang. Selain itu, apel panggang atau buah lainnya, bisa dijadikan sebagai alternatif.

Sirop maple kunci kelezatan pancake

Sirop maple merupakan bagian penting dari kelezatan pancake. Sirop ini terbuat dari getah pohon maple Kanada, dimana akarnya pohon ini menyimpan kadar gula yang cukup tinggi ketika musim dingin dan naik menuju batang saat musim semi. Saat itulah pohon maple dipanen dan dibuat jadi sirop maple.

Cairan gula alami ini warnanya oranye terang cenderung cokelat keemasan, sangat mirip dengan madu. Terlebih rasa manis dan keketalannya sangat mirip dengan produk lebah tersebut.

Kembali kepada topik awal, untuk membuat pancake yang tebal dan lembut sebenarnya cukup mudah, yang terpenting adalah Moms mempersiapkan beberapa bahan utamanya. Setelah itu, ikuti saja resep berikut ini. Dijamin pancake yang Moms buat akan lebih tebal dan lembut.

Bahan utama

  • 300 ml susu cair UHT plain
  • 2 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 3 sdm minyak sayur
  • 5 sdm mentega tawar

Bahan untuk diayak

Sebagai catatan, bahan-bahan ini sangat penting untuk diayak hingga lembut. Pasalnya, bahan-bahan ini sangat menentukan tingkat kelembutan pancake.

  • 220 gram tepung terigu
  • 2 sdt baking powder
  • 5 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam

Bahan pelengkap

  • Sirop maple
  • Mentega tawar

Cara membuat

  1. Kocok rata susu, kemudian tambahkan telur, 1 sdm mentega dan 1 sdm minyak. Kemudian tambahkan terigu sedikit demi sedikit. Jangan lupa, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
  2. Panaskan wajan, kemudian dadar adonan di atas api sedang. Agar tidak lengket, olesi wajan dengan ½ sdt mentega tawar dan ½ sdt minyak.
  3. Setelah wajan benar-benar panas, tuangkan 4 sdm adonan, kemudian masak selama 3 menit atau hingga adonan berpori-pori dan berwarna kecokelatan. Balikkan dan masak kembali.
  4. Jika ada sisa adonan, lakukan kembali proses nomor 3 hingga adonan habis, kemudian olesan dengan mentega dan sirop maple.
  5. Tumpuk satu per satu adonan, dan pancake pun siap disajikan.

Saran penyajian

Jika Moms cukup sulit untuk mencari sirop maple atau sudah kehabisan stock, sebagai pengganti Moms bisa menggunakan madu. Bentuk dan rasanya sama-sama lezat kok. Malah madu lebih kaya nutrisi jika dibandingkan dengan sirop maple. Selamat mencoba!