Yuk Mulai Mengasah Kreativitas Si Kecil Moms!

Merries Insight
01 Juni 2016
Umum
Share
Yuk Mulai Mengasah Kreativitas Si Kecil Moms!

Moms, kita sering menemukan anak yang terlihat malas saat berada di kelas atau mempunyai nilai akademis yang tidak terlalu memuaskan. Tetapi ada kalanya anak tersebut dapat memperoleh nilai di atas teman-temannya atau mempunyai kemampuan khusus yang tidak terduga atau tidak dapat dilakukan oleh anak yang lain. Jadi ketika Moms menemukan si kecil terlihat kurang aktif, Moms tidak perlu berkecil hati.

Mungkin ia cerdas dan kreatif tetapi belum terlatih dengan baik. Semua anak pada dasarnya kreatif dan cerdas. Hanya saja tidak semua orangtua dapat mengasah kreativitas buah hati mereka. Lantas bagaimana caranya untuk melatih si kecil agar kreatif? Simak beberapa tips berikut ini ya Moms.

Berkreasi Setiap Hari

Ajarkan si kecil menciptakan sesuatu yang kreatif seperti melipat kertas, menggambar, bermain game, bernyanyi, bermain permainan edukatif, bercerita, dan berbagai kegiatan lainnya. Usahakan untuk menemukan sesuatu yang baru serta berbeda dari apa yang telah dilakukan si kecil sebelumnya agar ia tidak bosan dan termotivasi untuk berpikir kreatif.

Memanfaatkan Kedua Sisi Tubuh

Memang hal ini tidak lazim dilakukan. Tetapi jika si kecil dilatih sejak dini melakukan hal ini, ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupannya di masa mendatang. Moms dapat melatih si kecil melakukan sesuatu dengan menggunakan kedua sisi tubuhnya misalnya. Misalnya jika dia biasanya menggambar dengan tangan kanan, maka ajak dia mencoba menggambar dengan tangan kiri. Kegiatan tersebut akan membantu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri si kecil.

Melatih Kemampuan Mendengar

Ajak si kecil mendengarkan lagu atau cerita menggunakan tape. Setelah itu tanyakan hal – hal yang berkaitan dengan cerita atau lagu tersebut.

Menggunakan Warna Saat Belajar dan Bermain

Mengapa mainan anak dibuat warna – warni? Beberapa orangtua beranggapan bahwa warna – warni tersebut hanya bertujuan untuk menarik perhatian si kecil agar membeli mainan tersebut. Tetapi sebenarnya ada fungsi lainnya yang jauh lebih bermanfaat. Warna yang sering digunakan pada mainan si kecil ternyata juga dapat mengaktifkan otak kanan. Pada saat si kecil belajar mewarnai, menggambar, dan menulis, usahakan untuk menggunakan pensil dan peralatan lainnya yang berwarna – warni.

Melatih Kemampuan Otak Kanan

Ajak si kecil berpuisi, menyanyi, menggambar, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya. Kegiatan tersebut akan membantu mengoptimalkan kemampuan otak kanan. Saat berada di sekolah, biasanya bagian yang dilatih adalah otak kiri karena berkaitan dengan akademis. Jika otak kiri dan kanan seimbang, si kecil tidak hanya berpeluang mendapat prestasi di bidang akademis tetapi juga di bidang lainnya, termasuk kesenian.