Waduh, Ternyata Calon Ayah Juga Butuh Banyak Folat Lho!

Merries Insight
14 November 2015
Umum
Share
Waduh, Ternyata Calon Ayah Juga Butuh Banyak Folat Lho!

Dads, selama ini folat sering disebut sebagai nutrisi yang sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil biasanya akan di suruh untuk mengonsumsi makanan yang mendung folat, terutama di usia kehamilan trimester pertama. Tentu saja hal ini bertujuan agar kehamilan berjalan lancar.

Nutrisi yang dikenal dengan nama vitamin B9 tersebut bisa dengan mudah di dapatkan dari berbagai sayuran berwarna hijau, daging, beberapa jenis buah dan sereal. Pada saat embrio masih dalam tahap perkembangan dan tidak mendapatkan cukup asupan folat, ada kemungkinan bayi tersebut terlahir dalam kondisi cacat tabung saraf otak, mengalami gangguan prilaku dan gangguan lainnya.

Tapi harus anda ketahui, menurut keterangan para peneliti dari McGill University, Canada, menyatakan jika kewajiban mengonsumsi folat tidak hanya berlaku untuk para wanita saja, ternyata para laki-laki, atau calon ayah pun harus mendapatkan asupan folat yang cukup sebelum melakukan pembuahan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan calon bayi.

Seperti dilansir dalam essentialbaby.com.au, salah seorang peneliti, Sarah Kimmins, menyatakan jika peningkatan cacat lahir pada bayi, ternyata berhubungan erat dengan pola makan si calon ayah sebelum terjadinya pembuahan. Jika si calon ayah memiliki pola makan yang buruk, hal ini akan memengaruhi beberapa gen tertentu yang aktif dan tidak aktif pada sperma.

Kondisi ini secara tidak langsung bisa menderegulasi gen-gen kunci selama perkembangan embrio, sehingga memperbesar peluangan cacat lahir. Sayangnya, Kimmins menyatakan jika fakta ini masih jarang diketahui oleh beberapa calon ayah. Hal ini cukup beralasan, mengingat selama ini banyak tenaga medis yang lebih berfokus kepada nutrisi si ibu ketika sudah terjadi kehamilan.

Melihat kondisi ini, Kimmins menyarankan agar para pria yang berencana memiliki anak dalam waktu dekat ini, untuk lebih memperhatikan pola makan. Selain itu, selama program kehamilan, usahakan Dads untuk aktif berolahraga, mengurangi konsumsi Fast Food, meninggalkan rokok, dan batasi konsumsi minuman beralkohol.

Dengan upaya yang nyata, dan di dukung niat baik untuk memiliki keturunan, semoga saja Moms and Dads bisa memiliki anak yang sehat, sesuai dengan yang anda harapkan.