Vagina Membengkak Saat Hamil

Merries Insight
12 Desember 2014
Kesehatan
Share
Vagina Membengkak Saat Hamil

Kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan dan selalu dinanti-nantikan oleh pasangan yang telah menikah. Namun seringkali berbagai keluhan yang aneh muncul ketika hamil. Salah satu keluhan yang sering dihadapi oleh ibu hamil adalah vagina membengkak. Ketika hal ini terjadi, tentu saja ibu hamil menjadi risih dan tidak nyaman.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa vaginan membengkak adalah salah satu gejala yang kerap muncul pada ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil merasa khawatir dan takut ketika hal ini terjadi karena takut terjadi masalah dengan organ intimnya. Namun Moms sebenarnya tidak perlu terlalu takut karena hal ini sebenarnya disebabkan karena perubahan aliran darah dan perubahan hormon selama hamil sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan. Selain karena dua alasan tersebut, pembengkakan vagina juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

Terlalu Sering Berhubungan Intim

Hubungan intim bersama pasangan dengan intensitas yang terlalu sering dan sedikit ‘kasar’ dapat menyebabkan luka di bagian dinding vagina. Secara otomatis ini menyebabkan vagina menjadi terasa nyeri dan membengkak. Jika vagina masih bengkak sebaiknya hubungan intim dihentikan sementara. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan luka secara alami

Infeksi Jamur

Infeksi jamur adalah salah satu penyebab umum vagina menjadi bengkak. Penyebab ini tidak hanya dialami oleh ibu hamil tetapi juga para wanita lain yang terinfeksi jamur. Selain bengkak, gejala ini biasanay juga disertai dengan keputihan dan vagina terasa gatal.

Infeksi Bakteri

Hampir sama dengan infeksi jamur, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan vagina menjadi membengkak dan diiringi dengan beberapa gejala lain seperti iritasi, gatal – gatal pada vagina, dan keputihan.

Alergi

Pemakaian benda – benda asing saat berhubungan intim seperti pengharum vagina, pelumas, sabun kewanitaan, dan pemakaian kondom dapat memicu terjadinya alergi di daerah vagina. Alergi ditandai dengan vagina yang merah, bengkak, dan teriritasi.

Demikian Moms beberapa penyebab vagina bengkak saat hamil. Setelah diketahui penyebabnya, Moms tentu dapat mencari solusi terbaik agar vagina segera pulih dan kembali normal.