Urutan 5 Jenis Minuman untuk Ibu Hamil

Merries Insight
10 September 2016
Kesehatan
Share
Urutan 5 Jenis Minuman untuk Ibu Hamil

Bagi para ibu hamil, selama masa kehamilan Moms tentu tidak hanya akan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi tetapi juga memperhatikan aneka minuman yang bermanfaat untuk kehamilan. Tidak semua minuman bermanfaat untuk kehamilan. Bahkan beberapa di antaranya dapat berdampak negatif terhadap kehamilan seperti minuman yang mengandung alkohol dan minuman bersoda.

Minuman sehat seperti susu, air putih, dan jus merupakan beberapa minuman yang cukup akrab diminum sehari – hari di dalam keluarga. Minuman tersebut memang menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Namun manakah minuman yang paling baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jika dibuat berdasarkan rangking, berikut ini adalah urutan terbaik minuman tersebut menurut spesialis gizi klinik.

Air Putih

Moms tentu sudah tahu bahwa ciri – ciri minuman yang baik adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Air putih merupakan minuman sehat yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Minuman ini juga bebas gula dan kalori sehingga menjadi cairan yang paling sehat sebagai pelepas dahaga dan menjaga kadar cairan yang membuat tubuh dapat menyerap makanan serta mempertahankan suhu normal. Selain itu air putih juga dapat membantu proses pembuangan sisa makanan melalui urin dan kotoran serta dapat menjaga kesehatan kulit.

Susu

Minuman sehat yang satu ini kaya akan berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh seperti protein yang berperan membangun dan memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak, pembentukan darah, dan pembentukan cairan ketuban. Selain itu di dalam susu juga terdapat kalsium yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Kandungan lainnya di dalam susu adalah vitamin A dan vitamin D.

Jus Buah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah – buahan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah yang diolah menjadi minuman seperti jus, merupakan salah satu cara lezat untuk mendapatkan nutrisi tersebut. Jus buah seperti belimbing, jambu, apel, atau jeruk mengandung banyak serat. Serat adalah bagian dari karbohidrat yang bukan sumber gula dan tidak menghasilkan energi. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan juga mempercepat proses penyerapan gizi. Selain itu, buah juga mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Air Kelapa

Minuman yang satu ini kaya akan kalium, kalsium, magnesium, klorida, elektrolit, sodium, dan riboflavin. Air kelapa adalah isotonic alami yang mempunyai elektrolit cair sama seperti kandungan cairan di dalam tubuh. Minum air kelapa saat hamil dapat menghindari dehidrasi dan memulihkan stamina dengan cepat.

Kopi dan Teh

Kedua minuman ini mengandung kafein yang dapat memicu metabolisme dan denyut jantung. Teh juga mengandung zat diuretic yang menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil, Jadi ibu hamil sebaiknya tidak terlalu sering meminumnya.