Tips Tidur Nyaman Selama Kehamilan Trimester 3

Merries Insight
05 September 2016
Kesehatan
Share
Tips Tidur Nyaman Selama Kehamilan Trimester 3

Kesulitan tidur adalah salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil. Memasuki trimester tiga, Moms juga akan semakin sukar menemukan posisi tidur yang tepat karena kandungan yang kian membesar. Sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Obstetri dan Ginekologi pada tahun 2011 menyatakan kalau kurang tidur akan membuat proses persalinan semakin sulit, lho, Moms. Supaya Moms mendapatkan tidur berkualitas, simak posisi-posisi tidur dapat dipraktikkan berikut ini.

Miringkan Badan ke Arah Kiri

Memiringkan tubuh ke sisi sebelah kiri dinilai sebagai posisi terbaik bagi ibu hamil untuk tidur. Bidan dan dokter menganjurkan posisi tersebut karena dapat membatasi aliran darah menuju bagian bawah tubuh. Moms bisa mengganti posisi tersebut ke sisi kanan, tetapi tidak disarankan untuk tidur dalam posisi tubuh terlentang. Mengapa demikian? Hal tersebut akan mengakibatkan nyeri punggung hingga bawasir dari tekanan berlebihan.

Memakai Bantal untuk Ibu Hamil

Apa Moms masih kesulitan untuk tidur nyenyak meski sudah mempraktikan posisi-posisi untuk ibu hamil? Jika demikian, berarti Moms harus menggunakan bantal khusus kehamilan atau kerap disebut dengan bantal bersalin. Moms dapat membelinya di toko-toko yang menjual barang dan kebutuhan melahirkan. Ada banyak bantal yang dapat Moms pilih untuk menyangga beberapa bagian tubuh seperti kaki, perut, hingga tubuh bagian atas. Bantal ukuran L adalah yang paling disarankan.

Tidur dalam Posisi Semi-Tegak

Ada sebagian ibu hamil yang kurang nyaman tidur dalam posisi berbaring saat kandungan mereka sudah masuk trimester tiga. Moms yang mengalami hal serupa dapat memakai posisi semi-tegak agar kualitas tidur tetap terjaga. Gunakan bantal penyangga ukuran besar untuk mengurangi rasa sakit, mual, maupun pegal di bagian punggung. Moms yang sering merasakan kembung di bagian perut juga dapat memakai posisi ini supaya dapat bernapas lebih mudah.

Jangan Menonton TV Sebelum Tidur

Bukan hanya dari posisi, ternyata kenyamanan tidur juga dipengaruhi kebiasaan yang dilakukan Moms sebelum tidur. Proses tidur Moms akan mudah terganggu kalau ada banyak stimulus di sekitar sebelum Moms menutup mata. Agar mudah terlelap, bersantai dan beristirahatlah sebelum masuk ke jam tidur. Usahakan Moms tidak menonton televisi sampai larut malam karena hal tersebut semakin menyulitkan Moms untuk tertidur dan membuat tubuh tidak nyaman.

Terus Melakukan Kegiatan Sehari-hari

Ukuran kandungan yang semakin membuncit kerap membuat ibu hamil malas bergerak. Padahal, Moms, kualitas tidur juga dipengaruhi kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Dengan mengerjakan rutinitas, Moms akan lebih mudah tidur di malam hari. Sebab tubuh Moms nantinya akan menyelaraskan diri dengan hal-hal tersebut. Pastikan Moms juga tidak bangun kesiangan keesokan harinya. Jika tubuh kelelahan, Moms dapat beristirahat untuk memulihkan tenaga.