Tips Memilih Minyak Pijat untuk Bayi

Merries Insight
31 Januari 2015
Umum
Share
Tips Memilih Minyak Pijat untuk Bayi

Pijat khusus pada bayi selain dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan perkembangan motorik bayi, juga dapat membuat bayi merasa rileks dan nyaman. Cara memijat dan pilihan minyak pijat yang tepat tentu juga sangat berpengaruh pada hasil yang dirasakan oleh si kecil. Berbicara soal minyak pijat bayi, tentu moms tak boleh sembarang memilihnya karena jika salah pilih saja, kemungkinan besar kulit bayi akan berisiko mengalami iritasi. Berikut beberapa tips memilih minyak pijat untuk bayi khusus untuk Anda moms.

Eatable/ aman jika tertelan

Salah satu ciri minyak pijat bayi yang direkomendasikan adalah minyak pijat bayi yang aman jika tak sengaja tertelan atau terjilat oleh si bayi.

Bebas bahan kimia seperti pestisida

Moms, dalam memilih minyak pijat bayi sebaiknya pilih minyak organik karena minyak organik sudah pasti bebas dari pestisida.

Minyak tidak beraroma

Biasanya minyak bayi yang beraroma mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk bayi. Keuntungan lain menggunakan minyak pijat bayi yang tidak beraroma adalah dapat memperkuat jalinan emosi bayi dan Anda melalui aroma alami/ aroma khas tubuh Anda.

Minyak berbahan alami

Pastikan minyak pijat bayi Anda terbuat dari bahan alami, bukan bahan mineral. Sebut saja contohnya minyak pijat bayi yang terbuat dari canola atau coconut (minyak kelapa). Mengapa minyak berbahan mineral tidak disarankan untuk penggunaan pada bayi? Karena minyak berbahan mineral tidak aman jika tertelan oleh bayi.

Berikut 4 contoh minyak pijat bayi yang aman untuk bayi:

Minyak yang terbuat dari sayuran

Minyak yang terbuat dari sayuran mudah terserap oleh pori-pori kulit bayi. Minyak herbal ini juga aman jika terhisap oleh bayi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga sering digunakan oleh banyak ibu untuk memijat buah hatinya. Minyak kelapa ini mampu memberikan ketenangan pada tubuh dan aromanya juga membuat pikiran tenang. Minyak kelapa bersifat menghangatkan dan melembutkan baik melembutkan kulit maupun rambut bayi.

Minyak mustard

Selain untuk memijat, minyak mustard juga efektif untuk menghangatkan tubuh si bayi dan menyembuhkan batuk.

Minyak zaitun

Minyak zaitun juga sangat baik untuk membuat tubuh bayi rileks. Kulit bayi akan semakin halus dan lembut serta rambut bayi akan tumbuh dengan lebat jika dilumuri minyak zaitun secara rutin.