Tips Memilih Film yang Cocok untuk Si Kecil

Merries Insight
20 Juli 2016
Kesehatan
Share
Tips Memilih Film yang Cocok untuk Si Kecil

Tidak semua film yang ditayangkan di bioskop maupun TV cocok untuk anak-anak. Moms harus selektif dalam memilih film yang cocok dan sesuai dengan usia si kecil. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih film yang cocok

Mencari Referensi

Sebelum Moms memutuskan untuk mengajak si kecil nonton, bacalah reviewnya terlebih dulu. Beberapa situs seperti Movie Mom dari Nell Minow dan About.com’s Kids Movie tulisan dari Carey Brison dapat membantu Moms memilih film. Situs tersebut berisi tentang review film. Jadi Moms dapat mengetahui film mana saja yang cocok untuk si kecil.

Menonton Fillm Tersebut Lebih Dulu

Sebelum Moms mengijinkan si kecil menonton film, Moms sebaiknya menonton film itu lebih dulu. Jadi Moms dapat mengetahui bila ada dialog atau adegan yang tidak pantas bila disaksikan oleh anak – anak.

Berdiskusi Dengan Orang Lain

Cobalah diskusikan tentang film yang cocok untuk anak-anak. Moms dapat menanyakan daftar film yang ditayangkan dan cocok ditonton oleh anak.

Tontonan untuk anak dapat menjadi tuntunan dan teladan. Jadi orangtua wajib bijak dan cerdas dalam memilih film yang sesuai untuk anak. Terlepas dari itu, anak dapat memperoleh banyak hal dari film mulai dari mengenal warna, kata-kata, gerakan, benda, ritme, dan banyak hal.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan ketika hendak memilih tontonan yang tepat untuk anak:

Menonton Bersama Anak

Selalu damping anak setiap ia menonton film. Jika yang ditonton tidak baik untuknya, Moms dapat mengganti channel.

Menetapkan Tayangkan dan Waktu Nonton

Jika Moms sudah memiliki jadwal tontonan film yang cocok untuk anak, maka tetapkan jadwal tersebut. Buatlah aturan yang tegas. Buatlah peraturan tegas tetapi tidak sampai anak menonton di luar jam kerja.

Selektif Memilih Tontonan Sesuai Usia Anak

Anak belum mampu memilah tontonan yang buruk dan baik sehingga orangtua perlu selektif memilih tontonan sesuai umur mereka. Bila orangtua membiarkan anak menonton tanpa pengawasan, tontonan yang tidak baik dapat merusak pikiran anak. Belum lagi anak senang meniru berbagai hal yang ia lihat.

Jangan Sering Nonton

Terlalu Sering menonton bukan hal yang baik. Sebenarnya masih banyak media hiburan dan informasi yang lebih bermanfaat seperti membaca buku bersama, kegiatan yang mengasah kreativitasnya, dan saling bercerita mengenai hal yang dialami di sekolah selama hari itu. Nonton sebaiknya hanya sesekali tetapi jangan sampai nonton dilakukan setiap hari.