Tips Melatih Anak Menggunakan Toilet

Merries Insight
18 Januari 2016
Umum
Share
Tips Melatih Anak Menggunakan Toilet

Bagi Moms yang memiliki balita, sudahkan Moms mencoba untuk memberikan pengenalan kepada si kecil mengenai toilet? Perlu diingat Moms, kalau pelatihan menggunakan toilet bagi si kecil sangat penting untuk dilakukan ketika ia mulai menginjak usia 1,5 sampai 3 tahun. Akan tetapi, Moms tidak harus berpatokan pada usia itu, karena kesiapan setiap anak untuk mempelajari hal baru sangat berbeda jika dilihat dari batasan usianya.

Untuk mengetahui saat yang tepat bagi Moms untuk memberikan pelatihan menggunakan toilet bagi si kecil bisa dengan melihat beberapa tanda yang nampak pada si kecil. Beberapa tanda yang bisa Moms lihat di antaranya adalah adanya kesiapan mental serta fisik anak dalam mengetahui tanda-tanda ingin buang air ataupun sudah memiliki kemampuan dalam mengendalikan untuk buang air kecil. Dari tanda-tanda tersebut, maka Moms bisa memulai untuk mencoba menerapkan beberapa strategi dalam memberikan pelatihan menggunakan toilet bagi si kecil.

Salah satu strategi yang bisa Moms gunakan saat memberikan pelatihan menggunakan toilet bagi si kecil adalah dengan mengenalkan beberapa kosa kata yang berkaitan dengan toilet, seperti pipis, pup, ataupun lainnya. Selain itu, Moms juga bisa mengajari si kecil dengan memperkenalkan toilet berdasarkan fungsinya. Supaya si kecil cepat memahami, Moms bisa melatihnya dengan memperagakannya sekaligus.

Namun, dalam memberikan pelatihan menggunakan toilet bagi balita, Moms tidak perlu terlalu memaksakan untuk selalu menggunakan toilet. Berilah si kecil kebebasan yang terkontrol untuk tidak ke toilet saat ingin buang air kecil. Jika Moms selalu memaksa, hal ini akan memberikan efek psikologis yang kurang baik untuk si kecil sehingga takut dengan toilet atau malah tidak ingin mendengarkan perintah Moms.

Sebagai seorang ibu, pastinya Moms bakalan bisa mengenali kapan si kecil mengalami frustasi ataupun ketakutan saat dikenalkan dengan toilet. Moms bisa berhenti sejenak dalam memberikan pelatihan dan mengalihkan untuk melakukan hal lain supaya si kecil tidak jenuh dengan pelatihannya.

Cara lain yang bisa Moms gunakan dalam pelatihan menggunakan toilet adalah dengan mengajaknya untuk melakukan bersih-bersih toilet. Dengan melakukan hal ini, maka si kecil akan terbiasa dengan toilet. Bahkan Moms, untuk membuatnya senang karena telah mengikuti pelatihan menggunakan toilet, Moms bisa berikan pujian saat si kecil telah memahami dan menggunakan toilet sesuai dengan fungsinya.

Bagaimana Moms? Apakah Moms akan mencoba mulai memperkenalkan fungsi toilet dengan memberikan pelatihan menggunakan toilet bagi si kecil? Hal semacam ini sangat penting, Moms, mengingat si kecil harus mulai memahami akan cara buang air kecil atau besar yang sesuai dengan cara yang benar. Dengan memberikan pelatihan menggunakan toilet bagi balita, maka secara tidak langsung Moms telah mengajarkan si kecil Moms untuk selalu menjaga kebersihan. Jadi, sebagai ibu yang baik dan perhatian terhadap buah hati, Moms disarankan untuk mencoba memberikan suatu pengetahuan pokok tentang fungsi dari toilet sejak dini.