Tips Aman Mengajarkan Si Kecil Naik Sepeda Roda Dua

Merries Insight
13 November 2015
Kesehatan
Share
Tips Aman Mengajarkan Si Kecil Naik Sepeda Roda Dua

Sepeda tidak hanya dijadikan sebagai alat transportasi saja, tapi lebih dari itu, alat transportasi yang bekerja dengan dikayuh ini mampu memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan si kecil, salah satunya adalah si kecil jadi aktif bergerak dan ceria dalam bermain.

Selain itu, dengan menggunakan sepeda, si kecil diajarkan untuk lebih mencintai lingkungan dengan mengurangi dampak polusi udara yang ditimbulkan akibat kendaraan bermotor. Berikut merupakan tips untuk mengajarkan si kecil naik sepeda roda dua.

Mulai dengan roda bantuan

Sebagai permulaan, anda bisa memberikan si kecil sepeda dengan roda bantuan. Tujuannya, roda bantuan ini berfungsi agar si kecil bisa mengayuh sepedanya, belajar cara mengendalikan sepeda, dan mengatur kecepatan kaki dalam mengayuh sepeda.

Tinggalkan satu roda bantu

Setelah si kecil bisa mengayuh sepeda dengan baik, sudah bisa mengatur kecepatan dan tahu bagaimana cara berbelok yang baik, saatnya anda melepaskan satu sisi roda bantu. Tujuannya, supaya si kecil mulai terbiasa menjaga keseimbangan tubuhnya.

Tinggalkan semua roda bantu

Yang terakhir, tinggalkan semua roda bantu ketika si kecil sudah mulai bisa menjaga keseimbangan. Dalam hal ini, pengawasan dan pendampingan perlu dilakukan untuk memastikan agar si kecil tidak jatuh. Lakukan ini secara perlahan, tapi jangan terlalu memaksakan diri.

Dorongan moril

Yakinkan kepada si kecil jika mereka bisa melakukan semuanya. Contohkan orang lain yang sudah bisa naik sepeda, dan bahkan bisa pergi ke sekolah dengan naik sepeda. Dengan dorongan semangat dari anda, bukan tidak mustahil dalam hitungan hari, si kecil sudah mahir bersepeda.

Amankan tempat latihan

Pastikan tempat belajar sepeda si kecil aman dari berbagai hal yang membahayakan. Untuk itu, latihan naik sepeda yang paling baik adalah, di atas lapangan dengan alas rumput. Walaupun terjatuh, alas rumput ini tidak akan mencederai si kecil.

Yang tidak kalah pentingnya adalah, pakaikan si kecil alat pelindung keselamatan bersepeda, dari mulai helm sepeda, pelindung sikut, dan lutut. Jangan lupa, kenakan sepatu olahraga agar proses belajar si kecil lebih nyaman dan aman. Selamat mencoba!