Tips Aman Bepergian ke Tempat Umum Bersama Si Kecil

Merries Insight
30 Maret 2016
Umum
Share
Tips Aman Bepergian ke Tempat Umum Bersama Si Kecil

Si kecil tentu saja bisa jenuh bila harus seharian di rumah. Oleh karena itu, sesekali Moms perlu mengajak Si kecil berpergian. Hal ini penting salah satunya sebagai upaya mengenalkan Si kecil dengan lingkungannya. Harapannya agar Si kecil bisa beradaptasi dengan orang dan alam di sekitarnya.

Si kecil yang sudah menginjak usia 6 bulan, idealnya memang sudah dikenalkan dengan dunia luar. Pada usia tersebut Si kecil sudah bisa memperoleh sejumlah imunisasi guna data tahannya. Si kecil juga sudah bisa melihat dan mulai mengenali benda-benda yang ada. Berlatih mendudukinya, berjalan, atau mungkin berbicara.

Beberapa orang tua malah sudah mengajak Si kecil jalan-jalan sejak usia 1-2 bulan. Namun, perlu Moms tahu pada rentang usia tersebut Si kecil masih berisiko tertular penyakit. Misalnya saat bertemu orang dan dipegang, bisa jadi Si kecil akan menderita batuk, pilek, atau tertular virus dari orang lain yang menyebar bebas.

Agar waktu bepergian dengan Si kecil terasa aman dan menyenangkan, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Tujuan dan Kesehatan

Walau Moms hanya berencana pergi ke mall, tentukan jarak dan lama waktu tempuh. Usahakan tidak bepergian saat jam sibuk agar tidak terjebak macet. Perhitungkan pula lamanya waktu berada di lokasi tujuan. Dalam hal ini Moms tetap harus memperhatikan jadwal harian Si kecil seperti jam makan dan tidur. Bila jadwal molor bisa jadi Si kecil akan merasa terganggu dan menjadi rewel. Demikian pula saat Moms berencana mengajak Si kecil pergi ke luar kota.

Ingat untuk mengecek kesehatan Si kecil. Bila kesehatan sedang tdaik baik, tunda perjalanan. Bila ada obat yang mesti diberikan kepada Si kecil, sediakan dan bawa pula resep salinan bila obat tumpah atau hilang.

Bekal Makanan

Bila lokasi tujuan adalah mall atau cukup dekat, Moms tidak perlu repot membawa banyak bekal makanan. Namun, pastikan Moms selalu membawa susu dan botol serta makanan ringan yang sehat. Sedangkan untuk perjalanan jauh, bawa bekal makanan lebih banyak. Jangan terlalu bertaruh bisa membeli makanan di lokasi. Oleh karena itu, bawa bekal lebih banyak dari perhitungan.

Pakaian

Banyak sedikitnya pakaian ganti yang dibawa bisa Moms sesuaikan dengan lokasi tujuan. Meski hanya pergi ke mall, ingat membawa baju ganti dan beberapa diapers. Lengkapi aksesoris Si kecil seperti jaket atau topi kemana pun Moms mengajaknya pergi. Hal ini untuk melindungi ubun-ubun Si kecil yang masih tipis dan terbuka.