Tidak Semua Perlu Dibeli, Beberapa Benda Ini Tidak Diperlukan Bayi Baru Lahir

Merries Insight
28 Oktober 2020
Umum
Share
Tidak Semua Perlu Dibeli, Beberapa Benda Ini Tidak Diperlukan Bayi Baru Lahir

Menjelang kelahiran Si Kecil, para orang tua biasanya banyak membeli barang guna memenuhi kebutuhan bayinya. Euforia kedatangan Si Kecil membuat Moms dan Dads kerap kalap dalam membelikan barang-barang. Semua barang dibeli tanpa memikirkan apakah dibutuhkan oleh Si Kecil atau tidak.

Moms dan Dads tentunya tidak salah, tetapi alangkah baiknya lebih bijak dalam membelikan barang bagi Si Kecil, karena tidak semua benda benar-benar diperlukan ketika bayi baru lahir. Alih-alih membeli banyak barang, Moms dan Dads bisa membeli barang yang memang dibutuhkan oleh bayi baru lahir.

Salah satu barang yang paling penting bagi bayi baru lahir adalah popok, popok dengan kualitas terbaik bagi Si Kecil yang baru lahir adalah Popok Merries. Bagi Si Kecil yang baru lahir, keamanan dan kenyamanan tentunya menjadi 2 hal yang jadi pertimbangan Moms dan Dads. Salah satu varian Merries adalah NB24, popok yang didesain khusus untuk bayi baru lahir (newborn). Popok Merries terbuat dari bahan ekstra lembut dengan sentuhan teknologi tinggi dari Jepang ini akan mencegah iritasi pada Si Kecil. Sementara itu struktur popok dengan  3 lapisan membantu popok menyerap cairan lebih cepat dan permukaan popok tetapi kering sehingga memberikan kenyamanan bagi Si Kecil baik saat tidur maupun menyusu.

Selain popok, barang lainnya yang diperlukan bagi bayi baru lahir di antaranya adalah baju pisah, bedong, sarung tangan, kaos kaki, topi, sleepsuit, bodysuit, dan lain-lain. Daftar barang yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir memanglah banyak, tetapi tidak semuanya perlu dibeli. Berikut ini beberapa benda yang sebenarnya tidak diperlukan oleh bayi baru lahir.

1. Tempat Tidur Bayi

Benda pertama yang tidak diperlukan bayi baru lahir adalah tempat tidur. Selain harganya yang cukup mahal, bayi baru lahir biasanya akan tidur bersama ibunya dalam satu ranjang. Bukan begitu, Moms?

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan sebab bayi baru lahir biasanya akan sering terbangun untuk minum susu. Keberadaan tempat tidur bayi akan membuat kegiatan menyusui Si Kecil tidak efektif. Moms tentu tidak ingin bolak-balik mengambil dan meletakkan Si Kecil dalam tempat tidurnya sendiri ketika menyusui, bukan? 

Moms bisa membelikan Si Kecil ranjang/matras khusus untuk Si Kecil, tapi tidak perlu membelikan baby box bila tempat tidur bayi tidak termasuk dalam anggaran Moms. Bayi akan tidur sama nyamannya. Bantu Si Kecil untuk tidur lebih nyaman dengan memilih popok yang tepat ya Moms.

Bagi Si Kecil yang baru lahir, ia akan menghabiskan banyak waktu dengan tertidur. Saat ia tertidur ini, besar kemungkinan Si Kecil akan pipis satu dua kali. Tentunya Moms tidak mau membangunkan Si Kecil hanya untuk mengecek apakah popok basah atau tidak, kan? Moms bisa menghindari mengganggu waktu tidur Si Kecil dengan memilih popok Merries yang dilengkapi dengan popok Merries. Garis kuning di depan popok akan berangsur-angsur menjadi biru ketika popok terekspos dengan kelembapan dan cairan. Sehingga Moms tidak harus membangunkan Si Kecil hanya untuk mengecek popoknya ya. 

 Perekat pada popok Merries juga membantu Moms semakin mudah mengganti popok Si Kecil yang baru lahir. Perekat pada popok Merries yang bisa dilepas-pasang berkali-kali membantu Moms dan Dads untuk menyesuaikan rekatan popok sesuai dengan tubuh Si Kecil, meskipun Si Kecil sedang tertidur sekalipun.

2. Berbagai Model Baju 

Beberapa orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi Si Kecil. Tak terkecuali baju-baju lucu, baik desain atau warna yang kadang dengan harga mahal. Tidak salah jika orang tua ingin anaknya tampil menarik dengan baju yang lucu. Namun satu hal yang perlu diingat Moms bahwa Si Kecil akan tumbuh besar dengan cepat sehingga dikhawatirkan baju-baju tersebut akan cepat tidak muat, dan hanya beberapa kali dipakai oleh Si Kecil.

Solusi lainnya yang mungkin bisa Moms lakukan adalah dengan membeli baju berukuran sedikit lebih besar agar Si Kecil bisa menggunakannya hingga usia beberapa bulan ke depan.  Tidak ada salahnya menghemat di tengah kondisi pandemi seperti saat ini kan, Moms? Tapi jangan terlalu besar ya Moms, nanti Si Kecil bisa merasa tidak nyaman karena baju yang kelonggaran. 

Sama dengan ukuran pakaian yang harus pas dengan Si Kecil, ukuran popok juga harus pas dengan ukuran badan Si Kecil. Popok dengan ukurang yang tidak tepat tidak hanya membuat Si Kecil tidak nyaman tapi juga membuatnya rentan mengalami ruam popok.

3. Sepatu

Sepatu menjadi benda berikutnya yang tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir. Alasannya jelas, Si Kecil yang baru lahir akan lebih banyak berada di gendongan Moms atau berbaring. Bayi baru lahir tidak membutuhkan sepatu karena biasanya mereka masih menggunakan bedong atau sebatas kaus kaki saja. Jika Moms ingin membelikan Si Kecil sepatu maka tunggulah setidaknya hingga usia dia memasuki 6 bulan.

Pada usia tersebut, pertumbuhan Si Kecil tidak akan secepat seperti awal-awal bulan. Selain itu, Si Kecil juga pastinya sudah akan lebih nyaman menggunakan sepatu di kaki kecilnya yang imut nan menggemaskan. Jika Moms membutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk membelikan sepatu bagi Si Kecil.

4. Mainan Bayi

Mainan bayi memang menggemaskan, apalagi zaman sekarang dengan banyak warna dan jenis yang kerap Moms kira butuhkan. Padahal, bayi new born tidak membutuhkan mainan, mereka lebih butuh kehangatan yang bisa didapatkan dari skin-to-skin dengan Moms atau Dads. 

Masih tergoda? Apalagi dengan embel-embel bisa menstimulasi Si Kecil, jangan dahulu cepat percaya. Pasalnya, hingga usia enam bulan, justru usapan, ciuman, dekapan, dan sentuhan dari Moms dan Dads yang lebih menstimulasi indra Si Kecil. Jangan lupa tambahkan nyanyian, senandung, atau juga lantunan Ayat Suci. 

Oleh karena itu, dibandingkan membeli mainan apalagi yang mahal lebih baik gunakan benda-benda sehari-hari yang bisa merangsang sensori motorik kasar dan halus si kecil. Kalaupun Si Kecil mulai suka menggenggam, berikan kain yang halus dan lembut namun mudah baginya untuk memegang. 

Namun kalau Moms memaksa untuk membelikannya mainan, lebih baik membelikannya softbook, high contrast book, atau board book. Jenis mainan tersebut lebih tahan lama, atau bisa juga Moms buatkan sendiri alis Do It Yourself yang saat ini tersebar di media sosial.