Tidak Perlu Dibeli, Peralatan MPASI Ini Sudah Ada di Rumah

Merries Insight
21 Oktober 2020
Umum
Share
Tidak Perlu Dibeli, Peralatan MPASI Ini Sudah Ada di Rumah

Sebagai orang tua baru, terutama Moms, tentu sangat bahagia menyambut Si Kecil yang akan segera makan selain mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI). Apalagi zaman sekarang banyak menu Makanan Pendamping (MPASI) yang bisa dibuat di rumah sehingga Moms tidak sabar untuk segera membuatkan makanan bergizi seimbang demi kesehatan dan tumbuh kembang di Si Kecil.

Apalagi mempersiapkan MPASI bayi 6 bulan merupakan proses yang sangat panjang dan cukup melelahkan. Mulai dari memilih bahan makanan, mengolahnya dengan tekstur tertentu, memberikannya kepada si kecil, hingga menyimpannya di kulkas. Terkadang, dalam proses memberikan MPASI bayi, si kecil ngambek ataupun rewel. Tentunya, ini akan melatih kesabaran ibu. 

Beberapa masalah juga bisa terjadi selama memproses MPASI bayi. Misalnya, ibu gagal memasak pure karena terlalu matang, potongan sayur yang disiapkan terlalu besar, sampai bayi tak suka dengan rasa menu makanan bayi yang dibuat.

Senada dengan hal tersebut, kini Moms juga tentu ingin memiliki peralatan yang lengkap untuk bisa membuat MPASI tersebut. Kalau didaftar, tentu ada puluhan barang yang ingin Moms beli demi masakan mumpuni untuk Si Kecil. Oleh sebab itu, coba deh Moms tahan diri dan alihkan saja dana tersebut untuk membeli hal yang bermanfaat karena beberapa barang tentu sudah ada di rumah dan bermanfaat sama dengan beragam alat MPASI yang harganya selangit.

Blender dan Parutan Keju untuk Menghaluskan Makanan

Food processor dianggap cocok untuk mengolah makanan bayi karena dapat mengolah berbagai makanan padat untuk bayi. Apalagi Food Processor bahkan mampu menggiling biji-bijian untuk membuat sereal bayi buatan sendiri. Berbagai food processor juga bisa melakukan berbagai macam hal termasuk mengolah makanan dapat menjadi bubur, mengiris, memotong, membelah, dan bahkan mengaduk adonan jika diperlukan.

Sayangnya, food processor bekerja pada satu kecepatan saja, makanya terlihat jauh lebih lambat daripada blender. Oleh karena itu, kalau Si Kecil masih butuh makanan yang sangat halus lebih baik menggunakan blender saja dibandingkan food processor. Sehingga bila Moms sudah memiliki blender di rumah, Moms tidak wajib untuk membeli food processor khusus bayi. Blender juga bisa membuat makanan bayi dengan sangat halus, hanya saja pastikan blender yang digunakan sudah dicuci bersih sebelum dipergunakan untuk mengolah makanan bayi.

Selain itu, kalau misalnya Moms hanya ingin menghaluskan nasi untuk membuat nasi lembek untuk Si Kecil bisa menggunakan pantat gelas bersih. Sebagai pilihan lain, Moms juga bisa menggunakan parutan keju untuk memotong kecil berbagai sayuran dan bahan makanan lain, seperti wortel, brokoli, dan juga menghaluskan tahu. Hanya saja, jangan lupa untuk memastikan alat-alat masak selalu bersih dan bebas kuman. Pastikan juga tidak ada zat yang tertinggal sehingga mencemari rasa MPASI bayi.

Tentu lebih menghemat bukan? Apalagi food processor biasanya hanya digunakan hingga Si Kecil berusia 18 hingga 24 bulan.

Magic Com

Slow cooker menjadi salah satu alat MPASI yang paling digemari dan ingin dibeli oleh para Moms untuk membuat MPASI jadi lebih mudah. Konon, slow cooker membuat memasak MPASI lebih praktis karena Moms memasak pada malam hari dan bisa disajikan pada pagi hari. Namun, harga slow cooker juga tidak bisa dibilang murah namun biasanya saat Si Kecil sudah lebih besar tidak lagi digunakan. Belum lagi Moms juga harus tahu benar komponen dari slow cooker terbaik sebelum membeli apakah slow cooker tersebut yang benar-benar Moms cari?

Oleh karena itu, daripada membeli slow cooker dan hanya dipakai dalam jangka pendek, lebih baik menggunakan magic com yang sudah pasti dimiliki setiap rumah tangga saat ini. Apalagi kalau magic com yang Moms miliki juga sudah lebih pintar dan memiliki banyak fungsi, maka dana untuk membeli slow cooker bisa dibelikan beragam jenis makanan untuk melengkapi gizi Si Kecil.

Kalaupun magic com masih yang biasa, Moms juga bisa menggunakannya untuk memasak bubur, mengukus sayuran sebelum dihaluskan, dan juga bisa digunakan untuk menghangatkan makanan Si Kecil.

Parutan dan Saringan sebagai Pengganti Baby Food Maker Set

Satu set baby food maker biasanya berisis parutan, saringan kawat untuk menyaring makanan, grinder, dan perasan jeruk. Biasanya dalam memasak MPASI, parutan dan grinder digunakan untuk menghaluskan bahan mentah sebelum diolah, sedangkan saringan kawat untuk menyaring makanan agar tidak terlalu kasar.

Nah semua benda-benda ini sebenarnya sudah ada di rumah, dan bukan hal yang sering dipakai. Jadi dibandingkan membeli lagi hanya untuk keperluan Si Kecil dalam jangka waktu yang sebentar, lebih baik kumpulkan barang-barang tersebut dan disterilisasi barang tersebut sebelum digunakan untuk kebutuhan Si Kecil.

Tips Menyimpan MPASI

Agar memudahkan Moms, biasanya MPASI Si Kecil sudah dibuat dalam jumlah besar dan disiapkan untuk bisa disimpan sehingga bisa digunakan untuk beberapa kali makan. Sayangnya, bakteri penyebab kontaminasi yang dapat merusak kualitas makanan pendamping ASI bisa berkembang di mana saja, termasuk daging, ikan, telur, kacang-kacangan, nasi, pasta, dan sebagainya.

Oleh karena itu, simpanlah MPASI di kulkas dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Pastikan untuk mencatat tanggal pembuatan makanan, sehingga tahu kapan makanan tersebut sudah kadaluarsa dan tidak layak makan. Jangan lupa pisahkan dan tutup bahan-bahan makanan dan juga masakan dengan rapat, agar tidak mengkontaminasi satu sama lain. Kalau memberikan Si Kecil makanan yang sudah dihangatkan jangan lupa langsung dihabiskan dan jangan kembali dimasukkan ke dalam kulkas. Moms bisa cek artikel ini untuk mengetahui tips lainnya agar proses MPASI bisa lebih mudah dan anti ribet.

Pastikan pula si kecil nyaman saat makan sambil duduk, pakaikan Si Kecil popok Merries yang memiliki sirkulasi udara yang sempurna, sehingga walaupun duduk dalam waktu yang lama Si Kecil tidak akan lembab, sehingga rewel ataupun mengalami iritasi. Popok Merries tipe celana memiliki lapisan terluar yang berfungsi untuk melepas udara dan melepas kelembapan dari dalam popok. 

Lapisan ini dapat melepas udara lembap dan tetap menjaga cairan tidak bocor. Sehingga Moms tidak perlu khawatir akan munculnya ruam popok karena popok Si Kecil yang lembab dan kulit halus Si Kecil akan selalu kering tanpa perlu khawatir mengalami bocor ketika memilih Merries.  

Apalagi popok Merries juga memiliki alarm penanda pipis, sehingga Moms tidak perlu khawatir popok akan penuh di tengah makan. Moms bica cek sebelum makan, bila garis pada bagian depan popok sudah berwarna biru, maka Moms sudah bisa langsung menggantinya. Si Kecil dapat terus makan dengan lahap tanpa gangguan atas rasa tidak nyaman.