Terapkan Ini Ketika Memberi Gadget Kepada Si Kecil!

Merries Insight
06 Juli 2016
Kesehatan
Share
Terapkan Ini Ketika Memberi Gadget Kepada Si Kecil!

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Si Kecil tumbuh bersama dengan perkembangan gadget. Sebenarnya, tidak masalah memberikan gadget kepada Si Kecil. Namun, Moms harus mempelajari dahulu hal-hal dasar sebelum akhirnya memberikan gadget pada Si Kecil. Dengan menerapkan hal dasar tersebut, Si Kecil tidak akan lupa waktu bahkan ketagihan menggunakan gadget. Salah satu hal dasar yang harus diketahui adalah usia yang tepat untuk memberikan gadget pada Si Kecil. Menurut penelitian, usia 7 tahun adalah usia yang tepat untuk mengenalkan Si Kecil pada gadget. Pada usia ini, empati Si Kecil sudah terbentuk sehingga mereka mampu memahami apa yang Moms ajarkan. Misalnya, Moms bisa memberikan aturan waktu penggunaan gadget. Si Kecil paham dengan hal tersebut dan akan patuh sehingga tidak akan berlebihan saat menggunakan gadget.

Selain itu, Moms harus mulai memberikan pemahaman bahwa untuk mendapatkan gadget, Si Kecil pun harus terlibat dengan usaha mereka sendiri. Misalnya, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk mulai menabung untuk membeli gadget. Bisa juga memberikan gadget saat mereka berhasil melakukan sebuah prestasi yang terbilang luar biasa untuk anak seusianya. Dengan menerapkan hal ini, Si Kecil akan lebih menghargai gadget dengan tidak memakainya secara berlebihan. Walaupun gadget yang didapat adalah dari jerih payah Si Kecil sendiri, tapi Moms harus tetap melakukan kontrol. Tetap terapkan batasan waktu penggunaan gadget. Misalnya, Si Kecil hanya boleh bermain gadget 3 sampai 4 jam saja. Jika waktu tertentu seperti waktu makan, belajar, atau tidur, Si Kecil tidak boleh bersentuhan dengan gadget. Selain itu, berikan gadget khusus anak. Gadget khusus seperti ini memiliki konten dan fitur yang sudah disesuaikan dengan usia Si Kecil. Pastikan bahwa gadget yang digunakan oleh Si Kecil bebas iklan.

Intinya, usahakan agar Si Kecil tidak melihat sesuatu yang belum perlu mereka ketahui. Jangan lupa untuk memeriksa gadget tersebut secara rutin sehingga Moms tahu aktivitas apa saja yang sudah dilakukan oleh Si Kecil. Tambah dan hapus beberapa fitur jika diperlukan sesuai dengan tumbuh kembang Si Kecil. Ada baiknya membatasi penggunaan internet untuk Si Kecil. Moms bisa membatasi dengan mendampingi mereka saat menggunakan internet seperti saat mencari informasi penting saja. Jika perlu matikan internet pada jam-jam tertentu seperti saat waktu belajar, makan dan waktu tidur sehingga Si Kecil tahu bahwa ada waktu tertentu di mana mereka tidak boleh menggunakan gadget.