Syarat-Syarat Agar Si Kecil Nyaman Belajar di Rumah

Merries Insight
13 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Syarat-Syarat Agar Si Kecil Nyaman Belajar di Rumah

Moms, rumah merupakan tempat pertama si kecil belajar. Karena itulah, walaupun saat ini si kecil sudah masuk gerbang sekolah, sebaiknya jangan menganggap enteng belajar di rumah. Menurut banyak pakar, belajar di sekolah hanya sebatas mengenal, sedangkan di rumah untuk mendalami.

Mengingat pentingnya belajar di rumah, berikut merupakan beberapa syarat utama yang harus Moms penuhi agar si kecil mau dan merasa nyaman belajar di rumah.

Sediakan Pojok Membaca

Bagaimana mungkin si kecil nyaman membaca kalau tempat belajarnya di depan TV? Untuk itu, sebaiknya Moms sediakan pojok membaca di dalam rumah, bisa dalam kamar, di teras taman belakang, atau perpustakaan keluarga.

Kalau Moms tidak punya cukup ruang, bisa gunakan area rumah sebagai pojok membaca, dengan syarat, Moms wajib membangun suasana tenang dan nyaman.

Ciptakan Rutinitas

Jadikan kegiatan membaca sebagai rutinitas menyenangkan bagi si kecil. Caranya, mulailah untuk menciptakan keluarga yang gemar membaca dengan menyediakan waktu khusus membaca, misalnya jam 6-7 malam atau jam 8-9 malam menjelang tidur.

Dengan menciptakan rutinitas inilah nantinya si kecil akan terbiasa untuk belajar, dan memperdalam ilmu yang mereka dapatkan di sekolah.

Bangun Kebiasaan Belajar Bersama

Dengan menciptakan rutinitas membaca, sebenarnya Moms sudah masuk dalam kategori berhasil membangun kebiasaan belajar bersama. Tapi agar lebih spesifik, Moms bisa menyempatkan waktu untuk belajar bersama, di mana si kecil mengulang pelajaran di sekolah dan Moms sebagai pengawasnya.

Alternatif lain, Moms pun bisa melakukan pekerjaan kantor sambil menemani si kecil belajar. Dengan begitu, manfaat ganda bisa Moms dapatkan.

Jadikan Lebih Menyenangkan

Selain menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk belajar, Moms pun wajib membangun suasana belajar yang menyenangkan. Contohnya, Moms bisa belajar bersama si kecil atau menciptakan permainan dengan basic pelajaran, misalnya cerdas cermat, melakukan percobaan bersama dan lainnya.

Intinya, sebisa mungkin Moms harus mampu menjadikan kegiatan belajar ini menyenangkan. Dengan begitu, si kecil tidak akan menganggap kegiatan ini jadi sebuah beban, melainkan sebuah kesenangan tanpa paksaan. Selamat mencoba Moms!