Sumber-Sumber Gizi yang Penting untuk Persalinan

Merries Insight
01 Juli 2016
Kesehatan
Share
Sumber-Sumber Gizi yang Penting untuk Persalinan

Saat kehamilan, Moms tentu wajib mempertimbangkan berbagai asupan nutrisi yang dikonsumsi. Gizi dan nutrisi tersebut tidak hanya dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin tetapi juga menjaga kesehatan Moms dan mempersiapkan fisik agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Selama kehamilan, Moms memerlukan 300 kilo kalori tambahan setiap harinya untuk pertumbuhan janin dan memenuhi kebutuhan energi cadangan selama persalinan dan menyusui. Pertambahan kalori yang signifikan dibutuhkan pada 20 minggu terakhir. Dalam tahap tersebut, kalori diperlukan untuk pertumbuhan jaringan janin dan pertumbuhan plasenta janin. Selain itu kalori juga akan meningkatkan volume cairan ketuban dan volume darah ibu hamil.

Namun tidak berarti Moms hanya mementingkan kalorinya saja, tetapi juga harus mempertimbangkan juga zat gizi makanannya. Moms juga wajib mengkonsumsi berbagai zat gizi dengan jumlah yang seimbang dan cukup. Berikut ini adalah beberapa sumber gizi penting yang perlu didapatkan untuk persalinan.

Vitamin B6

Selama persalinan, Moms tentu akan banyak mengeluarkan darah. Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6 adalah kewajiban. Vitamin B6 membantu proses pembentukan sel darah merah serta membantu enzim mengatur sistem energi dan juga pernapasan. Makanan yang mengandung vitamin B6 di antaranya adalah bayam, wortel, pisang, dan telur.

Karbohidrat Kompleks

Beberapa ibu hamil mungkin berusaha membatasi asupan karbohidrat karena takut kegemukan. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena karbohidrat kompleks seperti kentang dan gandum tidak akan membuat Moms kegemukan. Kandungan serat yang tinggi dari karbohidrat kompleks justru mencegah Moms banyak ngemil. Karbohidrat akan memberikan cadangan tenaga yang dibutuhkan saat persalinan.

Potassium

Zat yang satu ini memiliki peranan yang penting untuk pertumbuhan sel janin dan mengontrol detak jantung serta fungsi otak janin. Lebih dari itu, potassium juga dapat membantu mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kontraksi otot menjelang persalinan. Makanan yang mengandung potassium adalah bayam.

Vitamin D

Kenaikan gula darah yang tak terkendali tentu wajib dihindari oleh ibu hamil, khususnya menjelang persalinan. Vitamin D berperan penting untuk mencegah kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil. Sumber vitamin D adalah telur dan daging. Moms juga dapat berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D secara alami dari sinar matahari pagi.

Vitamin B1, B2, dan B3

Kebutuhan ketiga vitamin ini perlu ditingkatkan pada trimester ketiga kehamilan karena memiliki fungsi utama mengatur metabolisme sistem pernapasan janin dan membentuk energi untuk janin. Ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin B1 sekitar 1,2 mg, vitamin B2 sebanyak 1,2 mg, dan vitamin B3 sebanyak 11 mg per hari.

Air

Air adalah asupan yang sangat penting untuk ibu hamil. Selama hamil, Moms harus mengkonsumsi air putih setidaknya 12 gelas per hari. Cairan tersebut bermanfaat untuk pembentukan sel baru bagi janin, melarutkan zat metabolisme, dan mengatur suhu tubuh janin dalam kandungan.

Susu

Susu mengandung zat besi dan kalsium yang dapat membantu mencegah anemia dan mencegah osteoporosis. Kandungan zat besi yang tinggi pada susu juga dapat mencegah bayi lahir prematur dan bayi lahir dengan berat lahir rendah.