Si Kecil Sering Gumoh? Ini Teknik Dasar Mencegahnya Moms

Merries Insight
17 Juni 2016
Kesehatan
Share
Si Kecil Sering Gumoh? Ini Teknik Dasar Mencegahnya Moms

Gumoh mungkin adalah hal yang wajar dan sering terjadi pada Si Kecil. Gumoh atau muntah ringan sebenarnya terjadi karena kondisi pencernaan Si Kecil yang memang belum terbentuk maupun bekerja secara sempurna. Kadang kala, makanan atau minuman yang masuk ke dalamnya tidak mampu dicerna dan secara otomatis dikeluarkan kembali oleh tubuh. Dan, inilah yang disebut Gumoh.

Lalu apakah ada cara untuk mencegahnya? Ada dan berikut beberapa diantaranya, yang dapat Moms coba.

Posisi Tubuh Si Kecil

Pastikan tubuh Si Kecil tegak, baik sebelum Moms memberi makan maupun setelahnya. Setelah memberi makan, Moms dapat membuat tubuh Si Kecil duduk tegak selama 15 hingga 30 menit untuk mencegah terjadinya Gumoh. Cara ini digunakan agar pencernaan Si Kecil dapat lebih mudah melakukan gerakan peristaltik dan memasukkan makanan ke lambung karena terbantu oleh gravitasi bumi. Moms juga jangan mengajak bermain-main Si Kecil saat memberi makan maupun setelahnya.

Sedikit dan Sering

Salah satu penyebab Gumoh adalah adanya terlalu banyak makanan yang masuk ke dalam perut Si Kecil yang masih kecil. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut, Moms jangan memberikan terlalu banyak makanan atau ASI. Bila Moms menyusui Si Kecil jangan melakukannya terlalu lama. Tetapi, Moms dapat memberikannya dalam jumlah sedikit, dengan rentang waktu yang cukup sering.

Sendawa

Sendawa terjadi karena adanya banyak udara dalam perut Si Kecil. Dan, kondisi ini juga dapat mendorong makanan atau minuman yang masuk keluar kembali. Jadi, bila Si Kecil mulai sering bersendawa, Moms dapat mendudukannya dalam keadaan tegak dengan menopangnya dengan tangan.

Lalu, tepuk secara lembut dan perlahan punggung Si Kecil. Hal ini akan dapat membantu Si Kecil untuk mengeluarkan udara yang berlebihan secara perlahan tanpa mendorong makanan atau minuman yang sudah masuk keluar kembali.

Dot Botol Susu Si Kecil

Banyak juga masalah Gumoh terjadi karena masalah lubang pada dot botol susu Si Kecil. Bila lubang yang ada pada dot botol susu terlalu kecil, Si Kecil akan kesulitan menyedot susu didalamnya dan udara dari luar ikut tersedot karena ini. Inilah yang membuat Si Kecil dapat Gumoh.

Di lain sisi, bila lubangnya terlalu besar, maka akan terlalu banyak susu yang masuk secara bersamaan dan seperti disebutkan diatas, bila ada banyak minuman atau makanan masuk, maka Gumoh pun dapat terjadi. Pastikan lubang dot pas, dengan melihat saat dibalik, susu yang menetes sedikit.