Si Kecil Rewel Saat Didudukkan di Car Seat? Ini Triknya Moms

Merries Insight
22 Juni 2016
Umum
Share
Si Kecil Rewel Saat Didudukkan di Car Seat? Ini Triknya Moms

Apakah si kecil selalu rewel atau tidak tenang saat didudukkan di car seat? Bahkan belum sampai 5 menit si kecil sudah menangis. Sebenarnya, si kecil bisa tenang selama duduk car seat asalkan Moms mengetahui trik dan caranya. Apa saja kiat tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Berlatih

Biasakan si kecil latihan duduk di car seat. Moms dapat melepaskan car seat dari mobil kemudian meletakkannya di sebelah sofa keluarga ketika semua anggota keluarga sedang berkumpul. Cara ini akan membuat si kecil merasa senang dan nyaman. Dengan berlatih duduk di car seat, si kecil lama kelamaan akan terbiasa duduk lama di dalam mobil menggunakan car seat.

Membawa Mainan Kesayangan

Berikan mainan yang dapat membuat si kecil sibuk dan melupakan belenggu pada car seat. Pilih mainan yang berbahan lunak dan lembut seperti dari karet dan kain. Hindari mainan yang keras supaya saat ia mengetuk-ngetukannya tidak rusak. Jika ada kakak, Moms dapat meminta kakak mengajak si kecil mengobrol atau bermain ciluk-ba.

Mengajak Berkeliling Di Lingkungan Sekitar Rumah

Sebelum Moms benar – benar mengajak si kecil bepergian jauh dengan menggunakan car seat, ajaklah dulu naik mobil dan berkendara dengan jarak yang dekat seperti berkeliling kompleks perumahan. Lakukan ketika suasana hati si kecil gembira. Pengalaman yang menyenangkan menggunakan car seat dapat menjadi kenangan yang positif dalam ingatan si kecil. Moms juga dapat membuat jadwal perjalanan saat jam tidur si kecil.

Memutarkan Musik

Mulai dari lagu anak-anak, jazz, musik, dan lagu pop daerah dapat diputar selama perjalanan. Jika saatnya si kecil tidur, putar lagu pengantar tidur supaya ia tetap dapat tidur nyenyak di dalam car seat. Beberapa lalu terbukti mampu menenangkan si kecil yang rewel. Ada pula beberapa bayi yang senang mendengarkan nyanyian Moms atau Dads.

Menutup Kaca Samping

Siapkan tirai penutup cahaya matahari terutama untuk kaca jendela mobil. Jika udara sedang sejuk, bukalah jendela sedikit agar udara segar tersebut dapat menyejukkan dan menenangkan si kecil. Ketika mengajak si kecil bepergian, pastikan ia dalam keadaan sehat. Pasalnya saat sakit, ia akan cenderung rewel, mudah kesal, dan mudah lelah.

Boneka Tempel

Tempelkan boneka – boneka lucu berukuran kecil pada kaca jendela. Pastikan boneka tersebut bisa diraih oleh si kecil. Jangan lupa untuk membawa mainan khusus yang dirancang untuk digantungkan pada car seat. Biasanya mainan tersebut mengeluarkan bunyi saat disentuh sehingga akan mengalihkan perhatian si kecil saat ia mulai bosan.