Si Kecil Kurang TIdur? Bisa Jadi Popoknya Kurang Tepat

Merries Insight
18 September 2020
Umum
Share
Si Kecil Kurang TIdur? Bisa Jadi Popoknya Kurang Tepat

Perkembangan sel otak pada Si Kecil terjadi pada saat dia sedang tertidur, Lantas bagaimana jika tidur Si Kecil mengalami gangguan? Hampir setiap malam dia terbangun walaupun perutnya sudah kenyang karena baru saja diberi Air Susu Ibu (ASI). Jika itu terjadi, bisa jadi popok yang digunakan kurang tepat. 

Saat Si Kecil baru lahir, Moms kerap kali dibuat bingung dengan bagaimana cara menanganinya dengan baik. Niat hati ingin memberikan yang terbaik, namun kadang hal itu malah mendatangkan tangisan dari Si Kecil. 

Hal itu sebetulnya adalah wajar. Pasalnya, hubungan komunikasi dan juga ikatan antara Si Kecil dengan Moms belum terjalin secara sempurna. Seiring berjalannya waktu, Moms maupun Si Kecil akan bisa saling memahami sehingga tercipta hubungan emosional yang positif. 

Seperti saat malam, Si Kecil sering kali terjaga di waktu tengah malam dan menangis. ASI sudah diberikan, digendong pun sudah, namun tangisan tetap terjadi. Coba periksa kondisi popok, jangan-jangan popok sudah harus diganti.

Penyebab Si Kecil sering terbangun

Ada beberapa hal yang menyebabkan Si Kecil terbangun kala tidur, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Popoknya basah

Frekuensi pipis Si Kecil pada saat malam hari biasanya lebih banyak dibanding pada saat pagi atau siang hari. Hal itu dikarenakan metabolisme tubuh Si Kecil bekerja pada saat malam, sama seperti orang dewasa pada umumnya. 

Jika popok yang digunakan tidak mampu menyerap cairan secara maksimal, maka permukaan dalam popok akan menjadi lembap. Hal itu bisa membuat Si Kecil tidak nyaman.

Alhasil dia akan terbangun ketika popoknya basah. Moms bisa menggantinya dengan popok celana bayi dari Merries. Popok Merries memiliki kemampuan menyerap cairan yang tinggi dengan sirkulasi udara baik sehingga permukaan popok tetap kering dan tidur Si Kecil dapat tidur dengan nyenyak.

Selain itu, dengan membiarkan popok SI Kecil dalam keadaan basah, bisa menimbulkan potensi ruam popok lho Moms. Jadi terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan dari penggunaan popok celana bayi. 

2. Ukuran popok tidak tepat

Saat Si Kecil berat badannya sudah mulai bertambah, maka jenis popok yang digunakan juga sebaiknya mengikuti. Jika pada saat Si Kecil masih dalam fase newborn, Moms menggunakan popok bayi baru lahir dengan model perekat, maka ketika usia dan juga berat badannya mulai bertambah Moms dianjurkan untuk menggunakan popok celana bayi yang lebih memudahkan aktivitasnya. 

Karena saat usianya bertambah, gerakan saat dia tertidur juga semakin banyak. Dengan menggunakan popok bayi baru lahir, akan membuat geraknya tidak nyaman. Maka sesuaikan dengan berat badan dan juga kebutuhannya.

Popok celana bayi Merries baik untuk digunakan saat Si Kecil sudah memiliki berat 6 kilogram, Moms bisa menggunakan ukuran M. Kelebihan popok celana bayi Merries yang utama adalah karet yang ada di bagian pinggang Si Kecil. Karet pinggang popok Merries  terbuat dari bahan yang lembut dan elastis. Sehingga tidak meninggalkan bekas kemerahan pada kulit Si Kecil. Pada karet di pinggang juga terdapat terowongan udara, menjaga sirkulasi udara di dalam popok tetap baik.

Sehingga Si Kecil akan merasa sangat nyaman dan bisa tertidur pulas tanpa terjaga di tengah malam. 

3. Haus

Saat Si Kecil tertidur sekalipun, Moms dianjurkan untuk tetap membangunkannya untuk memberikan ASI sesuai jadwal (Alodokter, 2019). Hal itu perlu dilakukan agar asupan nutrisi Si Kecil bisa terjaga dan tidurnya akan semakin pulas, karena sudah hilang rasa hausnya.

Sama seperti orang dewasa, ketika haus akan terbangun dan mencari minuman di dapur. Nah Si Kecil juga begitu,dia akan terbangun dan menangis sebagai isyarat bahwa tubuhnya membutuhkan ASI.

Untuk menjaga kualitas tidurnya, berilah ASI sebelum dia tidur. Sehingga Si Kecil bisa tidur dengan pulas dan perkembangan sel otak dan organ lainnnya di tubuh berjalan dengan baik. Saat Si Kecil sering minum, makan intensitas pipisnya juga akan bertambah. Nah disini pemilihan popok yang baik menjadi salah satu faktor pendorongnya. 

Pilihlah popok yang memiliki daya tampung sangat baik, sehingga bagian dalam popok Si Kecil akan selalu kering, Dengan begitu, tidur Si Kecil tidak akan terganggu karena alasan popok basah atau tidak nyaman.

Selain itu pilih juga popok yang mampu menjaga cairan sehingga tidak bocor. Sehingga, saat Si Kecil sudah bisa berguling ataupun tidur menyamping, cairan pada popok tidak mengotori bagian lain. Moms bisa menggunakan popok celana bayi dari Merries untuk menjaga kualitas tidur Si Kecil tetap baik. 

4. Sakit

Saat Si Kecil sedang sakit, dia akan dengan mudah terbangun dan terjaga. Tidurnya juga menjadi tidak sempurna dan mudah untuk terganggu oleh suara-suara. Beberapa penyakit yang sering dialami Si Kecil dan mengganggu tidurnya adalah hidung yang tersumbat lendir, gumoh, hingga rasa tidak nyaman karena sedang tumbuh gigi. Hal lain yang mungkin menimbulkan rasa sakit pada Si Kecil adalah karena adanya ruam popok.

Ruam popok merupakan bentuk iritasi pada kulit yang lembap. Umumnya hal itu disebabkan karena penggunaan popok yang tidak tepat dan juga terlalu lama membiarkan Si Kecil menggunakan popok basah. Salah satu tips yang Moms bisa lalukan agar tidur anak nyenyak adalah dengan mengganti ke popok baru sebelum tidur. Pilih popok Merries yang mampu menyerap cairan dengan cepat dan banyak sehingga popok tetap kering semalaman. Gunakan popok yang sesuai dengan ukuran dan berat badan Si Kecil ya Moms.

5. Tempat tidurnya kotor

Si Kecil membutuhkan kenyamanan ekstra untuk bisa terlelap. Oleh karena itu, Moms juga harus selalu menjaga kebersihan area tempat tidurnya dengan baik.

Saat Si Kecil tidur, kemungkinan untuk buang air besar sangat mungkin terjadi. Hal itu dikarenakan proses metabolismenya baru saja dimulai. Pilihlah popok yang mampu menyerap kotoran lunak Si Kecil sehingga kulit Si Kecil tidak bersentuhan langsung dengan kotoran. Meski demikian, jika Moms melihat Si Kecil sudah buang air besar, baiknya segera diganti. 

Sehingga dia akan selalu merasa bersih dan nyaman. Selain itu, pilih juga popok yang terdapat karet pelindung di bagian paha untuk menjaga kotoran lunak Si Kecil tidak bocor.  

Dengan begitu, meski saat tidur sekalipun, Si Kecil akan selalu merasa nyaman. Karena area tidurnya dan terpenting adalah area selangkangan dan bokong tetap terjaga kebersihannya. 

Popok Merries tape memiliki lapisan bergelombang pada bagian permukaan dalam popok. Sehingga kotoran lunak lunak Si Kecil akan terperangkap dan terpisah dari kulit Si Kecil.

Selain itu, terdapat juga karet pelindung di bagian paha untuk menjaga kotoran lunak tidak keluar kemana-mana. 

Tumbuh kembang Si Kecil banyak dipengaruhi oleh kualitas tidurnya. Selain memastikan Si Kecil sudah cukup ASI dan tidur di tempat tidur yang nyaman, pastikan juga Ia menggunakan popok terbaik agar terus merasa nyaman selama tidurnya. Bila hal itu dapat dijaga dengan baik, Si Kecil akan lebih nyenyak tidurnya. Niscaya, akan membantu tumbuh kembangnya juga kelak.