Si Kecil Baru Lahir? Pakai Cara Ini untuk Merawat Kulitnya Moms!

Merries Insight
16 Juni 2016
Kesehatan
Share
Si Kecil Baru Lahir? Pakai Cara Ini untuk Merawat Kulitnya Moms!

Saat baru lahir, kulit Si Kecil masih sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai hal. Mulai dari benda-benda keras dan kasar, hingga berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya alergi atau masalah kulit lainnya. Karena hal ini pula, Moms harus benar-benar memperhatikan kondisi kulit Si Kecil. Moms juga wajib merawatnya agar tidak terjadi masalah seperti disebutkan sebelumnya. Untuk melakukannya, berikut beberapa cara yang dapat Moms gunakan.

Mengusap Kulit Si Kecil

Moms dapat mengusap kulit Si Kecil dengan washlap atau kain halus. Basahi terlebih dahulu kain tersebut dengan air dan tidak usah menambahkan sabun, pewangi atau semacamnya. Cukup air bersih dan kain saja. Kain yang digunakan juga harus terbuat dari bahan yang lembut, seperti kain katun. Lakukan ini ke seluruh bagian tubuh Si Kecil, termasuk alat kelamin dan anus agar bersih dari kotoran.

Sabun

Gunakan juga sabun khusus untuk bayi, saat Moms memandikan Si Kecil. Jangan gunakan sabun yang menggunakan pewangi atau bahan lainnya, meskipun itu alami, karena itu dapat menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit Si Kecil. Untuk lebih amannya, Moms dapat bertanya pada dokter mengenai sabun yang tepat untuk Si Kecil.

Pakaian

Pilih pakaian dari bahan katun lembut dan ukurannya juga tidak boleh terlalu ketat. Hal ini diperlukan agar kulit Si Kecil dapat bernafas dan mengurangi resiko terjadinya ruam. Si Kecil juga akan merasa lebih nyaman.

Pakaian Si Kecil juga harus selalu bersih. Pastikan Moms menggunakan sabun cair atau sabun yang memang khusus dibuat untuk mencuci pakaian Si Kecil. Jangan gunakan deterjen bubuk seperti yang digunakan untuk mencuci baju Moms dan Dads. Deterjen bubuk seperti ini mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kulit sensitif Si Kecil. Selain itu, akan lebih baik pula bila Moms mencucinya dengan tangan, karena biasanya mesin cuci dapat merusak serat kain dari pakaian Si Kecil.

Matahari

Moms juga perlu membawa keluar Si Kecil agar terkena sinar matahari untuk pembentukan Vitamin D. Namun, pastikan Moms mengoleksi kulit Si Kecil dengan tabir surya khusus Si Kecil agar terhindar dari masalah kesehatan, seperti ruam dan iritasi. Biasanya, kulit Si Kecil akan memerah saat masalah ini muncul.

Jadi, itulah beberapa cara sederhana merawat kulit Si Kecil. Bila Moms melakukannya dengan benar, Si Kecil dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang menyerang kulitnya.