Resep Sup Kacang Merah untuk Hangatkan Tubuh

Merries Insight
15 Februari 2016
Kesehatan
Share
Resep Sup Kacang Merah untuk Hangatkan Tubuh

Moms, ketika suasana dan cuaca yang terasa dingin maka akan membuat Moms sekeluarga ingin menikmati makanan dan minuman yang hangat. Makanan hangat ini akan membuat tubuh terasa hangat dan menjadi enak. Maka ada salah satu resep sup yang enak dibuat untuk Moms dan keluarga, termasuk si kecil. Sup kacang merah ini sangat pas untuk dikonsumsi Moms dan keluarga untuk mendapatkan banyak nutrisi dari resep sup ini.

Sup kacang merah ini juga sangat baik untuk menu makan si kecil lho Moms, karena nutrisi dari kacang merah ini sangat bagus untuk pertumbuhan si kecil serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Tentunya kacang merah ini tidak hanya bermanfaat bagi si kecil, Moms dan anggota keluarga lainnya pun akan merasakan dampak positifnya. Apalagi jika sajian sup kacang merah ini dalam keadaan hangat.

Baunya yang sedap tentu akan menggugah selera makan keluarga Moms saat musim dingin seperti sekarang. Sup kacang merah ini dapat dipadukan dengan beberapa aneka sayur, ikan ataupun daging sapi. Namun, karena sup ini juga akan dikonsumsi si kecil, maka paduan tomat dan ikan kakap bisa menjadi pilihan resep sup ini.

Anak umur satu hingga 2 tahun dapat mengonsumsi sup kacang merah yang lezat ini Moms. Membuat sup ini juga tidak repot, sangat simple, hanya butuh waktu setengah jam kurang untuk memasaknya. Semua bahan hanya mengandalkan teknik perebusan. Berikut ini akan disajikan resep sup kacang merah yang dapat Moms aplikasikan untuk si kecil.

Bahan-bahan

Inilah bahan-bahan membuat sup kacang merah yang harus Moms siapkan:

  1. 75 gram kacang merah
  2. 50 gram ikan kakap
  3. 50 gram bawang bombay
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 siung bawang putih
  6. 250 gram tomat merah
  7. 1 ½ sendok makan tepung terigu
  8. ½ sendok teh garam
  9. 1 sendok makan mentega
  10. ¼ sendok teh gula pasir
  11. ½ sendok teh garam
  12. 350 ml kaldu
  13. Daun seledri secukupnya

Cara Membuat Resep Sup Kacang Merah

  1. Seduh tomat dengan air mendidih, lakukan pengupasan kulit kemudian cincang tomat tersebut.
  2. Cincang hingga lembut bawang merah, bawang putih, bawang bombay, serta daun seledri.
  3. Ikan kakap yang sudah dibersihkan kemudian cincang halus.
  4. Rebus tomat bersamaan dengan kaldu yang telah disiapkan. Tambahkan irisan bawang bombay, bawang merah serta bawang putih, biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih kecilkan api.
  5. Kemudian saring rebusan tomat tersebut sambil lakukan penekanan. Buang ampas tomat yang tersisa.
  6. Selanjutnya, tumis ikan kakap yang telah dicincang kemudian sisihkan di pinggir wajan. Masukkan tepung terigu aduk dengan cepat lalu tuangkan kaldu tomat yang telah tercampur dengan bumbu secara perlahan ke dalam wajah. Aduk semua bahan secara merata.
  7. Setelah bahan-bahan tersebut mendidih masukkan kacang merah, tambahkan gula dan garam. Aduk secara merata, jika sudah matang angkat dan sajikan sup kacang merah tersebut dengan tambahan taburan irisan daun seledri.

Itulah resep sup kacang merah yang bisa Moms jadikan untuk menghangatkan tubuh terutama buat si kecil. Nah, Moms perlu mencoba resep yang satu ini.