Rekomendasi Popok Sekali Pakai untuk Bayi Anda

Merries Insight
21 April 2020
Umum
Share
Rekomendasi Popok Sekali Pakai untuk Bayi Anda

Bagi para Moms yang memiliki bayi, popok merupakan kebutuhan utama yang harus selalu tersedia. Ya, popok menjadi sesuatu yang wajib dalam daftar belanja Moms. Kalau kita perhatikan, di pasaran ada banyak jenis dan produk popok yang bisa dipilih. Lantas yang mana yang menjadi pilihan Moms? Yuk kita simak penjelasan dan tips berikut ini. 

Moms di zaman ini tentunya beruntung karena terlahir di dunia modern yang segalanya bisa dikerjakan dengan mudah. Mungkin kita bisa membayangkan begitu repotnya orangtua di zaman dulu yang harus mencuci popok kain yang menumpuk. Dengan adanya popok sekali pakai, Moms tidak akan kerepotan sehingga masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari lainnya dengan lancar. 

Nah, sekarang ini, popok sekali pakai begitu banyak dan mudah sekali didapatkan di toko swalayan hingga supermarket besar. Bahkan, online shop pun banyak yang menyediakan popok sekali pakai dari berbagai merek. Tak sedikit Moms yang memilih popok sekali pakai karena alasan kepraktisannya. Selain itu juga ada berbagai keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari popok sekali pakai.  

Pastikan Popok Sesuai Berat Badan 

Perlu kita tahu Moms, setiap merek popok memiliki karakteristik yang berbeda. 

Pastikan Moms menentukan popok yang tepat untuk Si Kecil. Selain mempertimbangkan kemampuan daya serap dan bahan yang lembut, penting juga diperhatikan ukuran popok sesuai berat badan bayi. 

Baca Juga : Amankah Bila Bayi Baru Lahir Pakai Popok Sekali Pakai?

Ya, Moms bisa memilihkan popok yang bentuknya sesuai dengan karakteristik tubuh Si Kecil. Tentu saja, berbeda berat badan dan ukuran tinggi bayi, akan berbeda juga kebutuhan popoknya sesuai dengan pertumbuhan bayi. Indikasi berat badan ini diberikan sebagai referensi untuk menentukan ukuran popok yang sesuai dengan postur tubuh bayi. Walaupun berat badan dan juga ukuran bayi berbeda, akan tetapi secara rata-rata kebanyakan bayi yang berumur 1 sampai dengan 3 bulan akan menggunakan popok yang memang dirancang khusus untuk Newborn

Moms juga seharusnya sudah mengganti popok bayinya ke ukuran yang lebih besar atau ke jenis popok celana apabila Moms melihat beberapa hal-hal berikut:

  • Popok terlihat begitu ketat di sekitar pinggang dan paha bayi bahkan sampai meninggalkan bekas pada kulit.
  • Hindari membeli popok dengan ukuran terlalu kecil karena bisa membuat bayi tidak nyaman dan menimbulkan iritasi. Di sisi lain, popok dengan ukuran terlalu besar berpotensi menyebabkan kotoran mudah keluar dari popok. 
  • Popok saat dipakaikan terlihat kekecilan dan berada di bawah pusar bayi Moms.
  • Berat badan bayi Moms bertambah dan melebihi rentang berat badan untuk ukuran popok yang selama ini dipakai. 
  • Khusus untuk popok tipe perekat, Moms ternyata hanya bisa merekatkan bagian ujung perekat popok. 
  • Ketika Si Kecil mulai banyak bergerak dan sulit untuk menggantikan popoknya karena gerakannya makin lincah, maka sudah waktunya untuk mengganti tipe popok perekat menjadi tipe celana. Dengan begitu, Si Kecil akan merasa lebih nyaman. 

Nah, berikut ini beberapa karakteristik popok yang terbaik yang bisa Moms pilih: 

  • Tingkat kelembaban popok 

Perlu dipahami Moms, udara yang pengap dan lembab menjadi penyebab terjadinya ruam popok pada bayi.  Meski air pipis otomatis terserap oleh popok bayi, namun bagian permukaan dalam popok tetap lembab. Nah, ketika kulit Si Kecil yang lembab dan berkeringat bersentuhan dengan air pipis atau kotoran bisa menimbulkan terjadinya ruam popok.

Karena itu, pastikan Moms menentukan produk popok yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.  Moms dapat memilih produk Merries yang memiliki tingkat kelembaban pada popok hingga 80 persen. 

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Ruam Popok yang Perlu Moms Tahu

  • Sirkulasi udara yang baik

Untuk melepaskan udara lembab dan pengap di area dalam popok, sirkulasi udara menjadi sangat penting. Karena itu, pastikan Moms memilih karakteristik popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Dalam hal ini, produk Merries memiliki tiga lapisan bersirkulasi udara sehingga terhindar dari udara lembab dan pengap pada popok. Pada lapisan pertama, permukaan popok begitu lembut dan bergelombang sehingga udara akan bebas mengalir pada bagian celah-celah.

Selanjutnya pada lapisan kedua juga memiliki penyerapan yang baik sehingga dapat dilalui udara dan terhindar dari risiko pengap. Sedangkan pada lapisan ketiga atau lapisan terluar, dapat melepas dan tak menyimpan kelembaban. Dengan demikian, popok bayi akan tetap kering sehingga kulit Si Kecil takkan teriritasi dan merasa nyaman sepanjang hari.

  • Daya serap yang tinggi

Pastikan juga Moms memilih popok sekali pakai yang mampu menyerap pipis dalam jumlah banyak. Nah, pilihan terbaik untuk karakteristik ini adalah produk Merries karena polimer pada popok mampu menyerap hingga 200 hingga 300 kali berat cairan terhadap berat polimer itu sendiri. Maka Si Kecil pun akan tetap merasa nyaman bahkan hingga pagi hari.

  • Karet Elastis dan Lembut

Pilih juga popok yang memiliki karet yang elastis dan lembut sehingga tidak akan menimbulkan bekas pada kulit bayi. Popok dengan keunggulan seperti ini dapat menyesuaikan sehingga pas dengan tubuh Si Kecil. 

  • Permukaan dalam popok yang lembut

Moms juga perlu memilih popok sekali pakai yang memiliki permukaan dalam popok yang lembut dan empuk. Permukaan bagian dalam yang empuk, lembut dan bergelombang dapat mengurangi area kulit yang bersentuhan dengan popok sehingga tidak terasa lengket. Selain itu, dengan adanya lapisan penyerap membuat kondisi popok fleksibel mengikuti bentuk badan bayi.

  • Popok dengan perekat yang mudah dipasang 

Dalam memilih produk popok, Moms perlu memperhatikan fungsi perekat. Selain pastikan perekatnya lembut, juga perhatikan apakah mudah dilepas pasang berulang kali. Nah, merek Merries memiliki popok dengan perekat berbahan lembut dan aman digunakan bagi bayi. Perekatnya dapat dilepas dan dipasang dengan mudah sesuai dengan keinginan Moms

Baca Juga : Promo Popok Bayi, Pilih Diapers Terbaik ya Moms!

  • Alarm penanda pipis 

Kenyamanan Si Kecil tentu menjadi hal penting bagi Moms. Karena itu, pastikan Moms memilih produk popok yang memiliki alarm penanda pipis. Moms perlu mengganti popok Si Kecil ketika tiga garis kuning berubah menjadi biru. 

Tak kalah penting adalah Moms perlu mempertimbangkan produk popok yang memang sudah teruji secara klinis. Nah, Merries Good Skin merupakan produk popok yang memang sudah teruji secara klinis dapat mencegah iritasi. Adapun uji klinis ini dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski). 

Jadi produk tersebut sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.  Pastinya dalam memilih suatu produk terutama untuk Si Kecil, Moms tidak sekadar mempertimbangkan faktor harga terjangkau. Akan tetapi, lebih dari itu adalah bagaimana kualitas produk dan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Bagaimanapun juga, kenyamanan dan kesehatan kulit Si Kecil menjadi prioritas utama kita sebagai orangtua yang ingin selalu memberikan yang terbaik. 

Nah, bagaimana Moms? Pastinya sudah tak bingung lagi kan memilih popok terbaik untuk Si Kecil.