Persiapan Penting bagi Moms Menjelang Melahirkan Normal

Merries Insight
21 Oktober 2020
Umum
Share
Persiapan Penting bagi Moms Menjelang Melahirkan Normal

Agar proses persalinan lancar, Moms perlu mempersiapkannya dengan baik. Tidak sebatas pakaian Moms dan bayi yang penting disiapkan, namun masih banyak hal lain yang perlu dilakukan menjelang persalinan normal. Apa sajakah persiapan wajib tersebut?

Ya, setelah mengandung janin selama 9 bulan, kini Moms dihadapkan pada detik-detik menjelang melahirkan. Tentunya hal ini menjadi proses yang mendebarkan di mana Moms akan menjadi seorang ibu. Di masa ini, sebagian Moms mungkin merasa takut dan cemas. Karena itu, agar proses persalinan berlangsung nyaman, Moms perlu menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Umumnya, proses persalinan normal berlangsung kurang dari 24 jam. Meski demikian, Moms perlu menyiapkan sejak awal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persalinan normal, yaitu kekuatan Moms ketika mengejan, kondisi jalan lahir, dan kondisi bayi. Ketiga faktor ini harus dalam kondisi baik agar proses melahirkan secara normal dapat berjalan dengan baik. 

Persiapan mental dan emosional

Tak kalah pentingnya adalah memperhatikan persiapan mental dan emosional.  Terlebih bagi Moms yang baru pertama kali hamil, kesiapan mental ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, permasalahan terkadang muncul karena ketidaksiapan mental Moms. Misalnya, takut dengan rasa sakit yang akan dialami, takut bila proses persalinan normal ini tak berhasil, takut bayi yang dilahirkan mengalami kekurangan, dan berbagai rasa takut lain yang menghantui pikiran Moms.

Untuk mengatasi perasaan takut ini, Moms bisa mengikuti kelas khusus sehingga mental lebih siap dalam menghadapi persalinan nanti. Ciptakan perasaan tenang, aman dan nyaman. Bayangkan wajah Si Kecil yang Moms nantikan selama 9 bulan lamanya. Hal ini bisa menjadi motivasi sehingga membantu Moms mengurangi rasa takut dan cemas menjelang persalinan.  Moms juga perlu meminta dukungan dari keluarga, terutama suami dan orangtua agar merasa tenang, aman, nyaman dan siap melahirkan secara normal. 

Selain kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi proses persalinan normal, beberapa persiapan ini juga harus diperhatikan. Di antaranya adalah:

Rumah Sakit dan Dokter

Pastikan rumah sakit dan dokter yang akan membantu proses persalinan Moms perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Tentunya sejak awal masa kehamilan, Moms sudah  mencari informasi mengenai dokter kandungan yang akan membantu memeriksa kondisi kehamilan sejak dari trimester pertama hingga proses melahirkan nanti. Selain dokter, Moms juga sudah mencari informasi mengenai rumah sakit atau klinik yang dipilih untuk proses melahirkan nanti.

Hal penting diperhatikan adalah pilihlah tempat melahirkan yang tidak terlalu jauh dari rumah. Bila jarak rumah sakit relatif berdekatan dengan tempat tinggal, Moms bisa memperkirakan waktu tempuh yang dibutuhkan.  

Olahraga atau Aktivitas Fisik

Persiapan fisik perlu diperhatikan Moms untuk menghadapi persalinan. Adapun beberapa aktivitas olahraga yang bisa dilakukan Moms sebagai persiapan sebelum melahirkan secara normal, di antaranya adalah jalan, jogging, berjongkok (squatting), senam hamil dan sebagainya. Nah, mengikuti kelas senam hamil sangat dianjurkan menjelang persalinan normal. Dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik, Moms dapat mengatur pernapasan, meningkatkan kekuatan otot, sekaligus kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Lakukan aktivitas fisik setidaknya selama selama 30 - 40 menit. Bila Moms merasa kelelahan, pastikan untuk beristirahat.

Konsumsi makanan bergizi 

Moms juga perlu memerhatikan konsumsi atau asupan makanan yang bergizi. Cukupi kebutuhan kalori dan cairan dengan adekuat sehingga menjadi gizi bagi janin dalam kandungan. Selain itu, asupan makanan yang bergizi seimbang juga dapat menjaga kesehatan serta ketahanan Moms menjelang dan selama proses persalinan nanti.

Barang Kebutuhan yang Harus Dibawa 

Nah, menjelang persalinan nanti, ada berbagai barang dan kebutuhan yang harus Moms bawa dan siapkan sebelumnya.  Moms perlu membuat daftar kebutuhan penting yang harus dibawa ke rumah sakit sehingga tidak ada yang tertinggal. Moms pun akan merasa tenang. Nah, berikut ini beberapa daftar kebutuhan yang perlu disiapkan sebelum melahirkan: 

PERLENGKAPAN IBU

Pakaian untuk persalinan

Siapkan pakaian yang membuat Moms merasa nyaman dan tidak mengganggu saat proses persalinan, misal terlalu ketat. Bawa pakaian dengan kancing depan agar Moms bisa mudah menyusui bayi yang baru lahir.

Minyak untuk memijat

Pijatan akan membantu Moms merasa lebih rileks dan nyaman. 

Buku atau bahan bacaan

Bagi Moms yang suka membaca, bawalah buku atau bahan bacaan lain yang bisa membuat lebih tenang menjelang persalinan. 

Ikat rambut

Bila rambut Moms panjang, maka harus diikat agar tak mengganggu proses persalinan. 

Pakaian ganti

Siapkan pula beberapa pakaian ganti untuk selama Moms menjalani perawatan atau masa pemulihan di rumah sakit. Pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, akan lebih baik bila baju tidak terlalu ketat.

Pakaian dalam

Siapkan juga beberapa pakaian dalam karena Moms akan menginap beberapa hari di rumah sakit.

Peralatan mandi

Biasanya rumah sakit sudah menyiapkan peralatan mandi untuk pasien. Akan tetapi, Moms mungkin akan merasa lebih nyaman bila membawa dan menggunakan peralatan mandi sendiri. Misalnya, sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo, handuk dan lain sebagainya. 

Perlak

Siapkan pula perlak tahan air sebagai alas duduk selama perjalanan Moms menuju ke rumah sakit.

Jangan lupa pula, ketika hari H tiba, Moms dan suami membawa identitas diri untuk kebutuhan administrasi dan pencatatan identitas. Begitu pula buku kunjungan pemeriksaan kehamilan untuk diketahui oleh tenaga medis di rumah sakit mengenai riwayat  kehamilan Moms. 

PERLENGKAPAN BAYI

Sementara itu, perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan di antaranya:

  1. Perlengkapan Dasar

  • popok bayi
  • Waslap
  • Perlak atau alas tahan air
  • 1/2 lusin kain bedong bayi
  • 1/2 lusin celana panjang & pendek
  • 1/2 lusin baju panjang & pendek
  • 2-3 topi
  • 3 pasang sepatu atau kaus kaki bayi
  • Selimut bayi
  • Kain bedong agar bayi agar lebih hangat dan nyaman, terutama saat tidur. Namun, hindari digunakan bila cuaca panas dan jangan dipakaikan terlalu kencang.
  1. Perlengkapan Mandi

  • 1 bak mandi khusus untuk mandi bayi 
  • 2 handuk bayi
  • Sabun beserta sampo bayi
  1. Perlengkapan Lain-lain

Selain berbagai perlengkapan dasar maupun perlengkapan mandi tersebut, Moms juga harus menyiapkan perlengkapan lainnya, seperti: 

  • Selendang atau gendongan bayi
  • Kain kasa dan kapas steril untuk membungkus dan membersihkan tali pusar bayi
  • Tas bayi sebagai tempat membawa berbagai perlengkapan bayi.
  • Cotton buds
  • Tadah iler (baby bibs atau celemek bayi) yang membantu melindungi baju bayi agar tidak basah terkena air liur
  • Gunting kuku khusus untuk bayi

Pilih Popok yang Nyaman

Popok menjadi salah satu perlengkapan bayi yang penting. Popok yang perlu disiapkan dalam jumlah banyak, bahkan setidaknya dua kali lipat dari jumlah baju bayi. Maka siapkan setidaknya 

Moms juga dapat menyiapkan popok sekali pakai khusus untuk bayi baru lahir, karena popok ini sudah didesain khusus untuk ukuran Si Kecil yang baru lahir. Salah satunya adalah popok Merries NB24. Tidak hanya bahan yang ekstra lembut untuk kulit bayi yang masih sensitif, popok Merries memiliki perekat yang bisa dilepas pasang. Perekat ini membantu Moms dan Dads yang masih belum terlalu fasih mengganti popok bayi. Bawa paling tidak 1 pack Merries NB24 ke rumah sakit untuk tahap awal selama perawatan dan masa pemulihan di rumah sakit. Baca di sini untuk tahap perkembangan Si Kecil yang baru lahir agar Moms bisa memastikan perkembangan Si Kecil sesuai milestone ideal.

Nah, semoga proses persalinan Moms lancar dan nyaman ya!