Permainan-Permainan Ini Bisa Membuat Si Kecil Berani Lho

Merries Insight
17 Februari 2016
Umum
Share
Permainan-Permainan Ini Bisa Membuat Si Kecil Berani Lho

Dads pasti setuju, masa kecil adalah suatu masa yang sangat penting bagi alur kehidupan. Pada masa-masa tersebut kepribadian seseorang dapat dibentuk. Meskipun anak masih kecil, tapi Dads dapat mendidik si kecil untuk memberikan beberapa pengajaran untuknya terkait kemandirian, keberanian dan semangat pantang menyerah. Cara mendidiknya pun tidak sulit Dads. Dads dapat memanfaatkan media permainan tradisional.

Terdapat beberapa jenis permainan untuk mengasah keberanian anak. Mungkin, waktu Dads masih kecil sering memainkan permainan tersebut sehingga Dads-pun dapat menyalurkannya kepada si kecil. Berikut beberapa macam permainan untuk mengasah keberanian si kecil:

Lompat tali

Jenis permainan berikut ini tentu sudah sangat melekat bukan di benak Dads? Nah, Dads dapat mengajari si kecil untuk bermain lompat tali. Selain sebagai suatu permainan untuk mengasah keberanian, lompat tali juga dapat memberikan dampak baik lain Dads bagi si kecil yakni dapat melatih saraf motorik si kecil serta membantunya dalam mengambil keputusan.

Kelereng

Permainan berikut ini seolah tidak ada matinya untuk dilakukan. Dari masa ke masa, kelereng atau gundu sangat disukai oleh anak-anak. Ternyata ada manfaat yang cukup mencengangkan saat melakoni permainan ini, yaitu dapat memberikan pelatihan kepada anak dalam segi perkembangan motorik, kognitif hingga mengontrol emosi serta membuat keterampilan di kalangan sosialnya meningkat.

Petak umpet

Nah, permainan yang satu ini sangat seru untuk dilakukan Dads. Dads dapat bermain petak umpet bersama si kecil di dalam rumah. Permainan untuk mengasah keberanian ini sangat mengasyikkan lho karena ada salah satu orang yang jaga dan mencari teman lainnya yang sedang bersembunyi. Si kecilpun akan diajarkan untuk lebih tangkas serta segi motoriknya juga akan terlatih Dads.

Bola bekel

Dads, permainan yang berikut ini juga dapat melatih konsentrasi anak lho. Jari dan ototpun juga akan ikut terlatih. Permainan untuk mengasah keberanian ini dapat juga dilakukan di area rumah. Cara melakukan permainan inipun cukup sederhana. Hanya berbekal bola bekel dan kulit kerang atau berbentuk lempengan emas.

Sepak bola

Yang satu ini jenis permainan yang sudah pasti menjadi kesenangan si kecil Dads. Dengan menendang bola, otot anak akan terlatih. Ia pun akan diasah kemampuannya dalam mengambil keputusan dan strategi.

Tidak ada salahnya bukan jika Dads meluangkan waktu untuk bermain bersama si kecil? Melakukan permainan untuk mengasah keberanian si kecil ini cukup bermanfaat Dads, selain itu Dads juga dapat membentuk kepribadiannya sedari dini. Maka, pilihlah alternatif permainan yang memiliki dampak positif bagi si kecil. Kesenangan didapatkan dan nilai positif bagi perkembangannya pun bertambah.