Nyeri Punggung Ibu Hamil

Merries Insight
07 Desember 2014
Kesehatan
Share
Nyeri Punggung Ibu Hamil

Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh Moms. Tubuh Moms menjadi lebih rentan dan lebih mudah mengalami beberapa keluhan termasuk keluhan sederhana seperti nyeri atau sakit punggung yang mungkin tidak sering dialami sebelum hamil. Keluhan ini dialami oleh 50-70% ibu hamil dan dirasakan semakin hebat memasuki trimester akhir kehamilan. Tak jarang ibu hamil harus mengurangi aktivitas rutin dan tidur malam akibat rasa sakit yang tak tertahankan. Ada faktor pemicu yang menyebabkan Moms harus merasakan masalah nyeri punggung selama masa kehamilan. Namun, Moms juga perlu tahu bahwa beberapa ibu hamil mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk merasakan masalah nyeri punggung dibandingkan dengan ibu hamil lain.

Faktor Pemicu

Nyeri punggung yang Moms derita selama hamil salah satunya disebabkan oleh perubahan titik berat tubuh seiring dengan rahim yang semakin besar menyesuaikan pertumbuhan bayi. Titik berat tubuh cenderung condong ke depan sehingga Moms berupaya menarik punggung agar lebih ke belakang. Hal ini menyebabkan tulang punggung lebih melengkung dan otot tulang belakang yang semakin pendek. Sakit punggung juga bisa dipicu oleh postur yang kurang baik, misalnya berdiri dalam jangka waktu lama atau keseringan membungkuk. Peningkatan hormon membuat persendian di antara tulang panggul meregang sehingga cara punggung menopang tubuh pun mengalami perubahan.

Mereka yang Berisiko

Nyeri punggung tak selalu dialami oleh semua ibu hamil. Moms mempunyai kemungkinan besar menderita rasa sakit pada punggung jika Moms sudah pernah menderita sakit punggung karena memang mempunyai gangguan ini bahkan ketika tidak dalam kondisi hamil. Jika Moms juga merasakan keluhan nyeri punggung pada kehamilan sebelumnya, kemungkinan besar Moms juga akan mengalami keluhan yang sama pada kehamilan selanjutnya. Nyeri punggung juga kemungkinan dialami oleh Moms yang mengandung anak kembar. Tidak mengherankan memang karena anak kembar berarti ada lebih banyak beban yang harus tubuh Moms tanggung. Keluhan nyeri punggung juga bisa diderita oleh Moms yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk, misalnya ketika berada di kantor. Moms yang mempunyai masalah dengan berat badan kemungkinan besar juga akan mengalami keluhan nyeri punggung.