Naikkan Berat Badan Janin dengan Konsumsi Daging dan Ikan

Merries Insight
01 September 2016
Umum
Share
Naikkan Berat Badan Janin dengan Konsumsi Daging dan Ikan

Kehamilan menjadi salah satu momen terpenting bagi kaum wanita. Moms yang sedang mengandung pun harus memperhatikan berbagai hal secara cermat demi melindungi si Kecil yang ada di dalam rahim. Salah satu hal yang patut Moms awasi secara rutin adalah berat badan si Kecil. Meski belum lahir, bobot janin di dalam kandungan ternyata dapat menentukan kualitas kesehatannya. Jika bobot janin berada 5% lebih rendah dari berat badan normal, maka Moms harus segera menaikannya.

Sebelum mengetahui cara menaikkan bobot janin dalam kandungan, Moms perlu mengetahui dulu faktor penyebab kurangnya berat badan si Kecil, yaitu:

Kurangnya Asupan Gizi

Wajib bagi Moms untuk memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi dari makanan yang hendak disantap. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan si Kecil, termasuk untuk berat badan. Jika Moms makan sembarangan atau malah jarang makan, bukan tidak mungkin bobot janin akan berada di bawah angka normal. Selain itu, ada beberapa risiko yang mengintai Moms maupun si Kecil dalam kandungan, antara lain keguguran, anemia, dan cacat.

Faktor dari Ibu Hamil

Berat badan si Kecil yang rendah juga dapat dipengaruhi usia Moms. Kaum remaja serta wanita berusia di atas 40 tahun berisiko mempunyai janin dengan bobot di bawah angka normal. Hal ini disebabkan oleh kurang matangnya kondisi fisik dan mental bagi para remaja dan ketergantungan pada orang lain bagi Moms yang masih muda. Selain itu, Moms yang sudah punya lebih dari empat orang anak memiliki risiko mengandung janin dengan berat badan rendah.

Gaya Hidup Tak Sehat

Mengonsumsi obat-obatan, minuman beralkohol, dan kurang tidur adalah bagian dari gaya hidup tidak sehat yang akan mempengaruhi pertumbuhan si Kecil dalam kandungan. Jika Moms masih menerapkan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas saat sedang hamil, maka kelahiran prematur, keguguran, BBLR, dan retardasi mental siap mengancam Moms maupun si Kecil. Maka dari itu, Moms harus mengubah gaya hidup tersebut demi menjaga perkembangan si Kecil dalam kandungan.

Nah, Moms, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan si Kecil. Di antaranya dengan memenuhi kebutuhan asupan protein tubuh. Sumber protein terbaik yang dapat Moms konsumsi dapat berasal dari daging ayam dan sapi. Moms dapat mengolahnya menjadi beragam makanan lezat seperti sup atau daging panggang.

Makanan lain yang dapat menambah bobot si Kecil di dalam rahim adalah ikan laut. Salah satu ikan yang paling sering dikonsumsi saat hamil adalah salmon. Sebab ikan laut ini mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan si Kecil. Moms juga bisa mengonsumsi ikan lain seperti tenggiri yang sama baiknya dengan salmon.