Moms, Ini Trik Membiasakan Si Kecil Bangun Pagi

Merries Insight
10 Oktober 2019
Umum
Share
Moms, Ini Trik Membiasakan Si Kecil Bangun Pagi

Artikel ini berisi tentang :

  1. Penyebab Si Kecil Susah Bangun Pagi
  2. Manfaat Si Kecil Terbiasa Bangun Pagi
  3. Cara Biasakan Si Kecil Bangun Pagi
  4. Moms Harus Beri Contoh Bangun Pagi

Membiasakan Si Kecil bangun pagi merupakan salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk menanamkan kedisiplinan sejak dini. Ini penting untuk dilakukan, mengingat terbiasa bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan dan masa depannya nanti.

Penyebab Si Kecil Susah Bangun Pagi

Sebenarnya Si Kecil pola tidur seseorang (termasuk waktu bangun), ditentukan oleh lingkungan. Di sini, faktor kebiasaan jadi hal yang paling utama. (oleh dr Aditya Suryansyah, SpA, dokter spesialis anak dari RS Harapan Kita, Jakarta)

Idealnya, anak usia 1- 3 tahun , membutuhkan tidur selama 12-14 jam. Kebutuhan ini terbagi dari 11 jam tidur malam, dan 2-3 jam di siang hari. Kebutuhan ini akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil.

Meskipun begitu, beberapa anak sudah ada yang terbiasa tidur di bawah 11 jam per malam, bahkan pola tidur mereka susah mirip dengan orang dewasa, yakni 7-8 jam per malam. Tentu ini bukan masalah besar, karena yang paling penting adalah memenuhi kualitas tidurnya.

Maka dari itu, untuk membiasakan Si Kecil bangun pagi, hal pertama yang harus Moms lakukan adalah dengan memastikan kualitas tidur Si Kecil terjaga. Misalnya, dengan memberikan tempat tidur yang nyaman, mandi di sore hari, dan menjauhkan hal-hal yang bisa mengganggu tidurnya.

Manfaat Si Kecil Terbiasa Bangun Pagi

Ada banyak manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan dari bangun pagi. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics, menyebut anak yang terbiasa bangun pagi akan punya metabolisme yang baik, sehingga menurunkan risiko obesitas.

Sementara penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Brigham and Women's Hospital, Boston, menyebut jika Si Kecil yang terbiasa bangun pagi dengan mencukupi kebutuhan tidurnya, akan cenderung lebih baik dalam prestasi akademik.

Hal ini disebabkan karena dengan bangun pagi, mereka akan lebih siap dalam menghadapi aktivitas padat di sekolah. Selain itu, persiapan mereka menuju sekolah pun jauh lebih matang, bahkan memungkinkan mereka untuk membaca kembali pelajaran sebelum berangkat sekolah.

Manfaat lainnya, bangun pagi pun akan membuat Si Kecil lebih ceria dan jauh lebih sehat karena mereka berkesempatan untuk bisa menikmati sinar matahari dan melakukan aktivitas fisik sebelum berangkat sekolah.

Cara Biasakan Si Kecil Bangun Pagi

Penelitian yang dilakukan Public Health Ontario, Kanada, menyebut jika ketegasan Moms sebagai orang tua, sangat dibutuhkan untuk membiasakan Si Kecil bangun pagi. Ketegasan ini melingkupi membiasakan Si Kecil tidur lebih awal, dan membangunkannya di pagi hari.

Misalnya, saat Si Kecil masih bermain atau menonton TV, sebaiknya segera hentikan seluruh kegiatan Si Kecil, setidaknya 30 menit sebelum jam tidur datang. Jangan ada kompromi untuk ini, meskipun besoknya Si Kecil libur.

Hal yang sama dilakukan saat bangun tidur. Moms harus membangunkan Si Kecil sesuai dengan jadwal bangun, misalnya jam 5-6 pagi.

Jangan khawatir Moms, pada dasarnya pola tidur Si Kecil sebenarnya sudah bisa dibentuk sejak usia 1-2 tahun. Bahkan di usia 3 tahun, idealnya Si Kecil sudah terbiasa mengikuti pola tidur yang sama. (oleh dr Hari Martono, SpA., dokter spesialis anak dari RS Pondok Indah)

Misalnya, jika Si Kecil sudah terbiasa tidur jam 19:00 malam, maka sebelum jam tidur dia akan merasa ngantuk. Bahkan jika pola ini sudah biasa dilakukan, bukan tidak mungkin jam 05:00 pagi Si Kecil sudah bangun dan terlihat sudah segar.

Moms Harus Beri Contoh Bangun Pagi

Jika Moms ingin menerapkan sebuah kebiasaan baik, hal pertama yang dilakukan adalah, Moms harus lebih dulu melakukan kebiasaan tersebut. (oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi., Psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia)

Dalam kaitannya bangun pagi, jika Moms ingin Si Kecil terbiasa bangun pagi, misalnya jam 5-6 pagi, maka Moms harus bangun lebih awal. Jadi ketika membangunkan Si Kecil, Moms harus dalam kondisi siap dan rapi.

Selain itu, perhatikan juga cara membangunkan Si Kecil. Untuk bisa bangun jam 05:00, sebaiknya jam 04:45 Moms sudah mulai membangunkan Si Kecil secara perlahan. Jangan langsung ditarik, biarkan dulu Si Kecil sedikit bersantai. Istilahnya ngumpulin nyawa.

Agar tidak rewel karena masih mengantuk, Moms bisa membisikkan kata-kata yang bisa memotivasinya untuk segera bangun. Misalnya, Nak bangun yuk, kita kan mau masak bersama. Atau, Nak bangun yuk, kan mau ke sekolah pakai tas baru.

Intinya, bangunkan dengan cara yang lembut sampai bangun pagi jadi kebiasaan. Tapi ingat, pastikan Si Kecil disiplin dalam mematuhi jam tidur.