Moms, Ini Dia Cara Menyiapkan Rumah Bayi Baru Lahir Yang Montessori!

Merries Insight
06 Desember 2017
Umum
Share
Moms, Ini Dia Cara Menyiapkan Rumah Bayi Baru Lahir Yang Montessori!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Penataan Kamar Bayi
  2. Pemilihan Dekor Kamar Bayi
  3. Buku dengan Gambar yang Nyata
  4. Selalu Jaga Kebersihan!
  5. Kapan Harus Mulai Persiapan?

Walaupun umumnya baru akan dikenalkan saat Si Kecil masuk usia pra-sekolah, nyatanya montessori bisa mulai diperkenalkan kepada Si Kecil ketika dia masih bayi, bahkan saat dia masih dalam kandungan. Nah, saat akan menerapkan metode ini, ada baiknya memperhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Menurut Elvina Lim Kusumo, Founder situs indonesiamontesori.com, hal pertama yang wajib Moms perhatian saat akan menerapkan montessori sejak dini adalah, kondisi rumah yang baik.

Mengenai hal ini, dalam acara Mendidik Bayi Cerdas dengan Montessori di Rumah Bersama Merries, di Atrium Baywalk Mall Pluit, Elvina secara khusus menyampaikan beberapa tips untuk menyiapkan rumah sejak Si Kecil baru lahir, diantaranya.

Penataan Kamar Bayi

Perhatikan penataan kamar Si Kecil. Di dalam kamar, sebaiknya Moms menyediakan matras bayi dan keranjang kecil yang berfungsi sebagai termpat tidurnya. Hal ini penting dilakukan, terutama ketika Moms akan menerapkan sistem co-sleeping di bulan-bulan pertama masa kelahiran.

Untuk furniturenya, Moms bisa menempatkan meja dan kursi kecil. Di sudut eksplorasi, Moms pun bisa menyiapkan rak rendah, dan mainan lainnya yang terbuat dari bahan natural, seperti kayu dan lainnya.

Yang paling penting, Moms wajib mempersiapkan perlindungan dengan menyingkirkan semua kabel dan berbagai hal lainnya yang berpotensi membahayakan Si Kecil dikemudian hari.

Pemilihan Dekor Kamar Bayi

Menurut Elvina, walaupun tidak signifikan, dekor dan penataan ruang pun sangat penting dalam pendidikan montessori. Untuk memaksimalkan metode ini, Moms harus mempersiapkan kaca cermin seukuran Si Kecil. Tapi ingat, pastikan tata letaknya aman!

Jangan lupa untuk menaruh mainan gantung yang menarik di atas tempat tidurnya. Moms bisa memilih warna-warna primer, seperti hitam-putih, atau warna lainnya. Selain itu, pastikan mainan gantung ini bergelantungan dan bebas bayangan yang bisa membuat Si Kecil bingung.

Buku dengan Gambar yang Nyata

Walaupun mungkin masih lama, tidak ada salahnya Moms memperkenalkan buku sejak dini dengan menaruh beberapa buku dengan gambar yang nyata, seperti ikan, ayam dan lainnya.

Pastikan Moms tidak memilih gambar karakter animasi, seperti kereta yang memiliki mata dan mulut.

Selalu Jaga Kebersihan

Terakhir, pastikan Moms selalu menjaga kebersihan dari alat-alat dan ruangan tersebut. Selain itu, buka jendela dan pintunya setiap pagi agar sirkulasi udara berjalan maksimal.

Jangan lupa simpan mainan dan perlengkapan tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Pasalnya, dalam montessori, Si Kecil akan lebih banyak belajar tentang practical life, dimana kemandirian menjadi hal yang utama. Jadi, penting banget menyimpan perlengkapan di area yang mudah dijangkau Si Kecil.

Kapan Harus Mulai Persiapan?

Mempersiapkan rumah yang montessori bisa dilakukan sejak dini, bahkan ada baiknya dilakukan sambil mempersiapkan perlengkapan selama melahirkan.

Mengenai waktu pastinya, persiapan ini bisa dilakukan saat usia kandungan 7 bulan. Alasannya, sambil mempersiapkan pakaian, Moms pun bisa mempersiapkan perlengkapan montessori sesuai dengan gender Si Kecil (bisa dilihat dari hasil USG).