Mengenal Peran Seorang Dads Saat Proses Persalinan

Merries Insight
22 April 2016
Umum
Share
Mengenal Peran Seorang Dads Saat Proses Persalinan

Ketika hendak melahirkan, Dads memiliki peranan yang sangat penting dan membantu Moms supaya lebih rileks ketika menghadapi persalinan. Kehamilan dan persalinan adalah hal yang tidak dapat dilupakan oleh para Moms. Momen tersebut bahkan dapat menjadi momen yang berharga dalam hidup Moms dan Dads. Lanats bagaimana sikap Dads seharusnya ketika Moms sedang menjalani proses persalinan?

Peran Dads sebagai suami tidak cukup hanya dengan membawakan kebutuhan seperti pakaian dan perlengkapan yang akan digunakan selama berada di rumah sakit. Kehadiran Dads selama proses persalinan juga menjadi satu hal penting yang dapat dilakukan. Dengan memberikan semangat untuk Moms, setidaknya Dad dapat mengurangi rasa cemas dan kekhawatirannya. Berikut ini adalah beberapa peran seorang Dads selama proses persalinan.

Fokus Pada Kebutuhannya

Seorang Moms pada saat melahirkan biasanya membutuhkan dukungan mental dan fisik. Tetaplah berada di sampingnya selama proses persalinan karena dengan demikian Moms akan mendapatkan tempat untuk sharing apa yang sedang terjadi dengan dirinya. Tetapi yang terpenting dan harus dilakukan oleh Dads adalah tetap fokus dengan berbagai kebutuhan lainnya supaya proses melahirkan dapat berjalan lancar. Bagi Dads, genggaman tangan jauh lebih penting dibandingkan sentuhan.

Tetap Di Samping Moms

Mungkin Dads sudah mengetahui betapa penting kehadirannya di dekat Moms yang sedang dalam proses melahirkan. Dukungan dari Dads dapat menambah semangat Moms. Proses persalinan mungkin dapat memakan waktu yang cukup lama. Meskipun demikian, usahakan supaya Dads tetap selalu berada di dekat Moms selama proses tersebut.

Berikan Sentuhan untuk Moms

Kadang-kadang, kontak fisik memberikan efek menenangkan. Memijat akan membantu menenangkan Moms yang sedang cemas dan khawatir. Dads juga dapat memijat punggung Moms karena kebanyakan ibu hamil biasanya mengalami nyeri di bagian punggung.

Berjalan-jalan

Sebelum berlangsungnya proses persalinan, Dads dapat mengajak Moms berjalan-jalan mengelilingi rumah sakit. Hal ini akan membantu melancarkan proses persalinan. Jika tidak, Dads juga dapat memberikan perhatian lebih untuk Moms misalnya membantunya mengubah posisi tidur.

Menyeka Keringat Moms

Proses melahirkan memang agak menegangkan. Hal ini seringkali membuat Moms banyak mengeluarkan keringat entah itu karena banyaknya tenaga yang dikeluarkan maupun karena tegang. Untuk menunjukkan perhatian yang besar kepada Moms, Dads dapat menyeka keringatnya dengan sapu tangan atau handuk bersih.

Berusaha Menenangkan

Meskipun Dads sebenarnya juga merasa khawatir saat proses persalinan, tetapi Dads juga harus mencoba menenangkan Moms. Jangan sampai Anda menunjukkan rasa khawatir tersebut di depan Moms karena hal ini hanya akan menambah kekhawatiran dan kecemasannya.