Memilih Makanan Padat yang Pas untuk Si Kecil

Merries Insight
08 Januari 2016
Umum
Share
Memilih Makanan Padat yang Pas untuk Si Kecil

Ketika umur si kecil memasuki enam bulan, mereka akan memperlihatkan minat pada makanan padat selain ASI sehingga Moms perlu melakukan tindakan bijak untuk memilih makanan padat bayi yang tepat. Makanan padat ini menjadi pendamping ASI untuk si kecil setelah umurnya 6 bulan. Minat si kecil pada makanan padat ini biasanya ditunjukkan dengan tanda menghisap jari tangan mereka sendiri.

Memberikan makanan padat pada si kecil tersebut bukan berarti dilakukan secara serta merta ya, Moms. Sebab hal ini sangat berpengaruh pada sistem pencernaan bayi Moms. Memilih makanan padat bayi dan pemilihannya harus dilakukan secara bertahap. Hal itu akan memberikan waktu bagi sistem pencernaannya. Tujuan pemberian makanan padat pada si kecil ini bertujuan untuk mengenalkan rasa serta tekstur makanan padat yang diberikan.

Saat memilih makanan padat bayi, sebaiknya Moms memperhatikan tekstur makanan tersebut. Pemberian awal, Moms bisa berikan jenis makanan yang lumat dan encer. Moms bisa berikan bubur susu atau sari buah pisang, pepaya atau jeruk manis. Setelah memperkenalkan makanan lumat tersebut, Moms bisa coba memberikan makanan berupa bubur atau pure pada bayi. Bisa juga Moms berikan campuran sereal dan susu.

Bila si kecil telah menunjukkan kemampuan untuk memakan kedua jenis makanan lumat tersebut, maka bisa ditingkatkan pada tahap makanan selanjutnya. Moms bisa memilih makanan padat bayi berupa tim saring. Adapun beberapa jenis makanan yang harus Moms hindari ya untuk bayi Moms yang masih berusia 6 hingga 12 bulan. Makanan tersebut yaitu kacang tanah, gula, garam, gandum, ikan, kerang, susu sapi segar, susu kental manis, serta susu UHT. Yang lebih penting lagi, jangan berikan makanan yang mengandung penyedap rasa sehingga Moms harus benar-benar jeli memilih makanan padat bayi yang tepat sesuai umur mereka.

Ketika si kecil memasuki umur 0 hingga 12 tahun maka sebaiknya Moms memilih makanan padat bayi yang ditim dengan wujud lebih padat serta kental. Moms bisa memilihkan berbagai jenis bahan makanan yang bergizi seimbang untuk bayi umur sekian. Selain itu, sertakan juga sari buah segar atau jenis makanan berkuah lain. Tambahkan juga pemberian air minum matang untuk melancarkan pencernaan dan dahaganya.

Sedangkan ketika bayi sudah berumur setahun maka Moms bisa memilih makanan padat bayi pada tahap selanjutnya. Makanan yang diberikan berupa makanan cincang dan bayi sudah mulai makan sehari sebanyak tiga kali. Selain itu, Moms bisa menambahkan makanan padat lain seperti biscuit, crackers, serta roti. Si kecil juga membutuhkan asupan lemak untuk pertumbuhan ya Moms, maka dari itu bisa berikan tambahan berupa susu full lemak.

Selain memilih makanan padat bayi, Moms juga harus memperhatikan cara penyajian makanan tersebut. Jangan melakukan pengolahan makanan bayi dicampur dengan makanan orang dewasa. Ada tiga cara dalam memasak untuk makanan bayi yaitu dengan cara direbus, dikukus serta diblender.