Manfaat Berenang Bagi Bayi

Merries Insight
31 Januari 2015
Kesehatan
Share
Manfaat Berenang Bagi Bayi

Bayi senang sekali bermain air. Coba moms sering ajak bayi Anda berenang, pasti bayi Anda akan sangat senang dan menggemaskan. Berenang merupakan aktivitas bayi yang memiliki sejuta manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut infonya.

Berenang membuat bayi memiliki IQ lebih tinggi

Sebuah penelitian di Melbourne, Australia, menunjukan bahwa anak-anak usia 10 tahun memiliki IQ lebih tinggi karena sejak bayi orang tuanya sering mengajak anak-anak ini berenang secara rutin. Gerakan bayi saat sedang berenang diyakini mampu menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan saraf-saraf otaknya.

Berenang dapat menstimulasi bagian motorik bayi

Bayi yang senang bermain di dalam air seperti berenang akan mengalami perkembangan yang signifikan pada bagian saraf dan motoriknya. Apalagi dengan disertai gerakan-gerakan saat sedang berada di dalam air, pastiny semua bagian tubuh bayi akan bergerak dan terlatih. Jadi moms sering-sering ajak bayi Anda berenang ya. Ajarkan gerakan-gerakan berenang yang sederhana agar semua bagian tubuhnya terus aktif bergerak.

Berenang dapat melatih bayi menjadi lebih berani dan percaya diri

Ketika sedang berenang, bayi berada di kolam berisi air yang besar dan luas. Dengan berenang, bayi bersama moms akan tertantang untuk menjelajahi kolam yang luas. Aktivitas ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian bayi Anda.

Berenang dapat memperkuat ikatan emosi bayi dan moms

Berenang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik si bayi saja, melalui interaksi dan sentuhan hangat dari Anda ketika sedang mendampingi si kecil berenang dapat membuat ikatan emosi Anda dan bayi Anda semakin kuat.

Berenang dapat tingkatkan kemampuan sosial si bayi

Manfaat ini bisa didapatkan jika Anda mengajak bayi Anda berenang di kolam renang umum khusus untuk bayi dan balita. Dengan berenang di kolam umum seperti ini, bayi Anda akan terasah untuk beradaptasi dan bersosialisasi. Ajak si kecil untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan bayi-bayi lainnya.