Makanan Ini Tidak Aman untuk Si Kecil yang Masih Balita

Merries Insight
24 Juni 2016
Umum
Share
Makanan Ini Tidak Aman untuk Si Kecil yang Masih Balita

Moms wajib untuk tetap cermat dalam memilih jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh si kecil. Perlu diingat bahwa tidak semua makanan aman dikonsumsi oleh si kecil khususnya yang masih balita. Beberapa makanan dapat menimbulkan reaksi alergi. Alergi itu sendiri merupakan reaksi dari sistem imun tubuh yang berlebihan. Selain itu makanan tertentu juga dapat menyebabkan si kecil tersedak atau bahkan muntah. Untuk memudahkan Moms dalam memilih makanan, berikut ini adalah jenis makanan yang tidak aman dan sebaiknya dihindari si kecil yang masih balita.

Madu

Madu kemungkinan memiliki kandungan Clostridium botulinum. Kandungan tersebut dapat menyebabkan botulisme pada si kecil. Pada tubuh orang dewasa, saluran ususnya sudah mampu mencegah pertumbuhan spora ini. Tetapi pada balita, spora tersebut dapat berkembang dan menjadi racun yang dapat mengancam jiwa.

Selai Kacang

Biasanya selai kacang memiliki tekstur yang lengket. Tekstur tersebut kemungkinan akan menyebabkan si kecil sulit untuk menelan sehingga lebih baik dihindari untuk diberikan sebelum usia 5 tahun.

Susu Sapi Murni.

Si kecil biasanya belum mampu mencerna protein dalam susu sapi pada awal tahun kehidupannya. Selain itu, si kecil juga tidak memerlukan seluruh nutrisi yang terdapat di dalam susu. Kandungan mineral dari susu sapi jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu ternyata dapat merusak ginjal si kecil.

Makanan Dengan Potongan yang Besar

Daging, keju, wortel, tomat, atau seledri yang disajikan dengan potongan besar sangat tidak aman untuk si kecil karena sulit ditelan. Makanan tersebut sebaiknya dipotong kecil-kecil berbentuk dadu, diparut, atau direbus terlebih dulu kemudian baru dipotong. Hal ini bertujuan untuk mencegah makanan tadi tersangkut di tenggorokkan. Jika Moms ingin memberikan buah, sebaiknya berikan dalam bentuk jus atau bubur karena lebih ramah terhadap pencernaan si kecil.

Makanan Keras

Makanan yang keras seperti kacang – kacangan, popcorn, buah kering, dan kismis berpotensi menyebabkan si kecil tersedak. Oleh sebab itu makanan ini sebaiknya dihindari. Selain itu, tekstur makanan yang terlalu keras juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi si kecil.

Permen Karet

Makanan ini dilarang keras untuk diberikan kepada balita. Hal ini karena permen karet tidak boleh ditelan. Si kecil yang belum mampu mengontrol diri sepenuhnya berpotensi menelan permen tersebut dan dapat berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Nah itulah beberapa makanan yang tidak aman untuk si kecil Moms. Untuk meminimalisir berbagai resiko saat si kecil makan, selain cermat dalam memilih makanan Moms juga harus selalu mengawasi si kecil saat mereka sedang minum dan makan.