Lagu-Lagu Edukatif yang Bisa Digunakan untuk Mengajarkan Sesuatu Ke Si Kecil

Merries Insight
24 Januari 2016
Kesehatan
Share
Lagu-Lagu Edukatif yang Bisa Digunakan untuk Mengajarkan Sesuatu Ke Si Kecil

Untuk mengajarkan suatu hal baru pada si kecil, tentunya Moms harus pandai betul untuk menggunakan cara yang tepat sehingga si kecil mampu memahami apa yang Moms sampaikan. Mengingat banyaknya cara yang bisa Moms gunakan, pernahkah terbesit di benak Moms untuk menggunakan alternatif lagu edukatif untuk si kecil yang nantinya digunakan untuk mengajarkannya melakukan hal yang terpuji.

Jika Moms belum pernah menerapkan cara semacam ini, perlu diketahui, Moms kalau di usianya yang masih kanak-kanak, sebagian besar anak kecil itu sangat suka dengan menyanyi. Akan tetapi, Moms harus selektif memilih lagu edukatif buat si kecil, karena ditakutkan dengan berkembanganya musik di negeri ini, si kecil akan mengikuti aliran musik yang tidak sesuai dengan usianya. Akan tetapi, Moms tidak perlu khawatir dengan hal semacam ini, karena Moms bisa browsing di internet untuk mendapatkan lagu edukatif untuk si kecil yang tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan perilaku si kecil.

Lagu yang mengajarkan kasih sayang

Ada beberapa lagu yang mengajarkan si kecil untuk memberikan kasih sayang terhadap orang-orang di sekitarnya, terlebih pada orang tua dan saudara-saudaranya. Moms, salah satu lagu yang bisa Moms dengarkan dan ajak ia bernyanyi misalnya, “Satu satu, aku sayang ibu. Dua dua, juga sayang ayah. Tiga tiga, sayang adik kakak. Satu dua tiga, sayang semuanya.” Moms juga pasti tahu lagu ini dan akan sangat menyenangkan menyanyikannya bersama si kecil apalagi ditambah dengan gerakan-gerakan seperti tepuk tangan yang bisa merangsang kemampuan motoriknya.

Lagu yang mengajarkan tentang lingkungan

“Lihat kebunku, penuh dengan bunga. Ada yang putih, dan ada yang merah. Setiap hari kusiram semua. Mawar melati, semuanya indah.” Nah, Moms pasti juga tahu lagu ini kan? Lagu berjudul Lihat Kebunku ini adalah salah satu lagu edukatif yang secara tidak langsung mengajarkan anak untuk menjaga lingkungan dan menghargai lingkungan sebagai keindahan. Si kecil pasti akan makin senang menyanyikan lagu ini saat berjalan-jalan di taman, Moms.

Baca Juga

Ajak Si Kecil yang Berusia 1 Tahun Lakukan Aktivitas Edukatif Ini Yuk Moms!

Apakah Minyak Esensial Aman Digunakan Si Kecil Yang Masih Bayi?

Saat Si Kecil Ingin Melakukan Segala Sesuatu Sendiri. Apa Yang Harus Dilakukan?

Lagu yang mengajarkan angka dan berhitung

Belajar berhitung bisa menjadi sangat menyenangkan bagi si kecil jika mereka melakukannya juga dengan cara yang menyenangkan. Misalnya saja, Moms mengajaknya untuk bernyanyi “Satu ditambah satu sama dengan dua. Dua ditambah dua sama dengan empat.” Moms bisa mengajarkannya angka dan cara berhitung sambil bernyanyi. Mengasyikan bukan?

Lagu yang mengajarkan komunikasi pada si kecil

Moms, menyuruh si kecil untuk melakukan sesuatu tidak hanya bisa dengan ucapan tapi juga nyanyian, lho. Misalnya, saat si kecil harus tidur, Moms bisa menyanyikan lagu Nina Bobo sambil menimangnya. Lagu ini akan diartikan oleh si kecil bahwa ia harus segera tidur.

Lagu dan musik adalah salah satu cara untuk merangsang perkembangan si kecil, Moms. Lagu bisa membuatnya belajar kosa kata baru dan memperkaya kemampuan bahasanya. Sebagai bonus, si kecil bisa lebih ceria dan lebih dekat dengan Moms karena apa yang ia lakukan dengan Moms adalah hal yang menyenangkan.

Baca Juga

Ajak Si Kecil yang Berusia 1 Tahun Lakukan Aktivitas Edukatif Ini Yuk Moms!

Apakah Minyak Esensial Aman Digunakan Si Kecil Yang Masih Bayi?

Saat Si Kecil Ingin Melakukan Segala Sesuatu Sendiri. Apa Yang Harus Dilakukan?