Kiat Mengajarkan Anak Sopan Santun Di Tempat Umum

Merries Insight
14 November 2015
Umum
Share
Kiat Mengajarkan Anak Sopan Santun Di Tempat Umum

Moms, lingkungan kita mengenal dua jenis sopan santun, yakni sopan santun berdasarkan perhatian tulus serta sopan santun yang masuk ke dalam kategori formalitas. Secara keseluruhan, kedua jenis sopan santun ini akan dikembangkan si kecil dengan hanya mengajarkan sopan santun yang tergolong dalam kategori formalitas.

Berikut merupakan cara mengajarkan anak sopan santun ketika mereka berada di rumah orang lain, atau ketika berada di tempat umum.

Bersikap realistis

Banyak orang mengasosiasikan jika bersikap sopan identik dengan bersikap tenang dan hanya duduk sambil memperlihatkan orang lain. Jelas hal ini sulit dilakukan oleh anak-anak, yang secara alami memang masih berpusat pada diri sendiri dan cenderung impulsif. Jadi, bersikaplah realistis dengan cara, si kecil boleh bermain hanya di area bermain saja.

Jelaskan sebelum berangkat

Misalnya, ketika akan berkunjung ke rumah sanak saudara, jelaskan kepada si kecil jika mereka tidak boleh berlari-lari di ruang tamu, tidak boleh bicara ketika makan, dan harus bisa menurut apa yang diperintahkan Moms. Kalau memang dibutuhkan, Moms bisa memberikan sedikit iming-iming hadiah ketika si kecil berhasil menjalankan apa yang diperintahkan dengan baik.

Dorong perilaku sopan di rumah

Rumah merupakan tempat belajar yang sangat efektif, terutama untuk mengajarkan sopan santun. Cobalah untuk mengajarkan sopan santun di rumah dengan cara, memberlakukan wilayah khusus untuk bermain, wilayah bebas berlari, wilayah duduk dengan tenang dan lainnya. Dengan begitu, si kecil pun akan terbiasa menerapkan aturan tersebut ketika berkunjung ke tempat lain.

Tanamkan sejak dini

Adat ketimuran seperti, cium tangan sebagai bentuk penghormatan, atau berbicara lembut dengan senyuman, merupakan hal yang harus Moms ajarkan sejak dini. Prilaku sopan santun ini sendiri termasuk dalam prilaku sopan dalam kategori formalitas, tapi bisa dikategorikan juga sebagai pengembangan sikap empati si kecil kepada orang lain.

Dengan memulai pendidikan sopan santun dari rumah, di harapkan si kecil bisa menjelma menjadi anak yang penuh dengan sopan santun, penuh kelembutan dan disukai banyak orang. Selamat mencoba!