Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Merries Insight
17 Februari 2020
Umum
Share
Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Tak dipungkiri, setiap orang pastinya ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati. Tak terkecuali, dalam memilih popok bayi baru lahir pun harus dipilih yang tepat. Namun, memilih popok bayi baru lahir tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Nah, bagaimana kiat memilih popok bayi baru lahir ini?

Ya, hadirnya sang buah hati merupakan karunia dan anugerah terindah bagi orangtua dan keluarga besar. Akan tetapi, sebagai Mama dan Papa baru, seringkali merasa bingung ketika merawat dan mengasuh Si Kecil, terutama yang baru pertama kali memiliki bayi. Nah, salah satu kendala yang cukup sering dialami adalah memilih popok bayi baru lahir.  Apalagi popok bayi ini langsung bersentuhan dengan kulit Si Kecil yang notabene masih halus, lembut dan sensitif. Maka tak heran bila memilih popok bayi baru lahir dapat menjadi sebuah permasalahan yang sulit bagi pasangan orangtua baru.

Perlu kita ketahui Moms, popok bayi baru lahir pada umumnya ada dua jenis, yaitu popok yang terbuat dari kain dan popok sekali pakai yang bisa langsung dibuang. Kebingungan berikutnya, apakah memilih popok bayi baru lahir  yang terbuat dari kain ataukah yang sekali pakai? Tentunya tergantung pada pilihan Anda sebagai orangtua karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Nah untuk lebih jelasnya, yuk Moms simak uraian berikut ini. 

POPOK KAIN

Keunggulan

Sekarang ini, di pasaran kita bisa dengan mudah menemukan popok kain dengan berbagai pilihan desain dan warna yang lucu serta menarik. Selain itu, ukuran dan bentuknya pun bervariasi menyesuaikan ukuran badan Si Kecil.

Apa keunggulan lain dari jenis popok kain ini? Yang jelas, popok kain boleh dibilang lebih ekonomis atau lebih hemat bila dibandingkan popok bayi sekali pakai. Pasalnya, popok  kain ini dapat Moms cuci lalu dapat digunakan kembali oleh Si Kecil.

Di sisi lain, setelah popok kain ini tak digunakan, bisa disimpan untuk kelak dipakai oleh anak kedua atau berikutnya. Nah dengan begitu, biaya pengeluaran untuk membeli popok pastinya akan lebih hemat atau berkurang.

Kekurangan

Pastinya segala sesuatu tak luput dari kekurangan,  termasuk popok kain ini. Ada beberapa kekurangan popok kain yang perlu Moms ketahui juga. Di antaranya adalah popok kain ‘mudah bocor’ karena tidak benar-benar menutupi area vital Si Kecil dengan baik. Alhasil, popok kain ini juga mesti sering-sering diganti ya Moms. Bila dibiarkan justru membuat bayi baru lahir merasa tak nyaman. Ujung-ujungnya Si Kecil akan rewel, menangis dan tidur  tidak akan lelap, apalagi bila pada saat yang sama ia mengalami iritasi kulit atau ruam.  

Kemudian, kekurangan popok kain lainnya adalah kurang praktis ketika Moms sedang membawa Si Kecil bepergian, misalnya untuk periksa/kontrol ke dokter ataupun ketika hendak berkunjung ke sanak saudara. Saat diperjalanan, Moms mungkin akan merasa repot bila harus mengganti popok yang basah karena air pipis atau kotoran lunak Si Kecil.Selain itu, kekurangan popok kain adalah Moms butuh meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan proses mencuci dan mengeringkan popok, hingga kemudian siap digunakan kembali oleh Si Kecil.

Kekurangan popok kain lainnya yang perlu Moms ketahui, air pipis dan kotoran langsung mengenai dan menempel pada kulit bayi. Hal ini tentunya menyebabkan kurang higienis bagi Si Kecil.

Satu hal lagi, biasanya Moms mencuci popok kain dengan menggunakan detergen bahkan pemutih untuk menghilangkan bekas kotoran lunak. Namun perlu diingat Moms bahwa produk detergen dan pemutih mengandung bahan kimia sehingga berisiko juga mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif.

Hal yang perlu diperhatikan Moms

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Moms jika ingin menggunakan popok kain. Moms akan membutuhkan peniti untuk memasang atau mengenakan popok kain ke Si Kecil. Karena itu, pastikan Moms memilih peniti dengan ukuran besar dan bagian kepala peniti berbahan plastik agar aman bagi bayi. Ketika memasangkan peniti ini pastikan berhati-hati agar tidak sampai melukai kulit Si Kecil.   

Pastikan popok kain yang sudah basah karena air pipis Si Kecil dipisahkan atau disisihkan dan disimpan pada tempat/keranjang khusus pakaian kotor. Berbeda dengan popok kain yang terkena kotoran Si Kecil. Jangan langsung disimpan, akan tetapi kotoran lunak tersebut harus dibersihkan terlebih dulu. Untuk menghilangkan bau, Moms bisa membasuh atau menyemprotkan campuran air dengan soda kue.

Selanjutnya, saat Moms hendak mencuci popok kain sebaiknya dipisahkan dengan pakaian-pakaian lain. Sebaiknya Moms menggunakan air yang panas serta upayakan membilas popok kain tersebut setidaknya dua kali. Oh ya, hindari ya Moms penggunaan pelembut pakaian. Kenapa? Karena bisa memicu ruam pada Si Kecil yang memiliki kulit sensitif. Terakhir, jangan lupa Moms untuk selalu mencuci tangan setelah mengganti popok Si Kecil. Hal ini untuk menghindari risiko penyebaran kuman penyebab penyakit.

 

POPOK SEKALI PAKAI

Keunggulan

Saat ini Moms juga bisa menemukan berbagai produk jenis popok sekali pakai di pasaran.  Popok bayi baru lahir sekali pakai ini umumnya menjadi pilihan banyak Moms karena dirasakan memberi banyak kemudahan. Terlebih baru Moms yang baru pertama melahirkan Si Kecil. Popok sekali pakai ini cenderung lebih praktis serta mudah digunakan pada Si Kecil. Bayangkan, kalau menggunakan popok kain setidaknya butuh penggantian rata-rata sebanyak 10-12 kali setiap harinya. Tentu Moms bisa merasa kerepotan.

Bayi pun merasa lebih nyaman, tidur tidak terganggu karena popok sekali pakai ini relatif tidak mudah bocor. Moms pun bisa beristirahat dengan tenang. Di sisi lain, ketika Moms membawanya kontrol ke dokter atau tempat lainnya, tentu tidak akan merasa repot saat di perjalanan.

Satu lagi keunggulan popok sekali pakai, terutama pada produk Merries, pipis dan kotoran lunak akan terserap sehingga permukaan akan tetap kering. Kotoran Si Kecil juga dapat tertampung dengan baik, sehingga Moms tidak perlu khawatir bocor.

Kekurangan

Pastinya Moms perlu menganggarkan biaya yang lebih banyak untuk membeli popok sekali pakai ini bila dibandingkan membeli popok kain. Pasalnya, popok sekali pakai ini harus dibuang setelah kotor. Popok jenis ini tidak bisa dicuci dan dipakai kembali serta tak bisa disimpan untuk nanti digunakan oleh anak berikutnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan Moms

Nah, bila Moms memilih popok sekali pakai untuk Si Kecil, ada baiknya untuk  memperhatikan beberapa hal; Moms dianjurkan untuk mengganti popok sekali pakai ini setidaknya setiap 2-3 jam untuk menghindari terjadinya infeksi atau ruam kulit pada Si Kecil. Perlu Moms ketahui, popok Merries membantu mencegah timbulnya iritasi, sehingga bayi tetap akan merasa nyaman.  Moms juga disarankan untuk segera mengganti popok sekali pakai ini bila Si Kecil buang air besar sehingga kebersihan area kulit tetap terjaga.

Pastikan popok yang digunakan Si Kecil tidak terlalu ketat. Moms perlu melonggarkan atau pilihkan ukuran yang sesuai. Bila terjadi ruam popok, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter.  Pastikan Moms untuk mencuci tangan usai mengganti popok Si Kecil, agar tidak terjadi resiko penyebaran kuman penyakit.

 PILIHAN POPOK BAYI TERBAIK

Nah, Moms tak perlu bingung lagi untuk memilih popok buat Si Kecil yang baru lahir, ya. Saat ini ada produk Merries Premium Tape ukuran New Born yang memiliki berbagai keunggulan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak uraiannya.

  1. Lapisan Bersirkulasi Udara

Mungkin Moms belum tahu, popok Merries ternyata memiliki tiga lapisan yang bersirkulasi udara, lho Moms! Di lapisan pertama, terdapat bantalan popok yang lembut dan bersirkulasi. Karena itu, udara dengan bebas mengalir melalui permukaannya yang bergelombang. Pada lapisan kedua, terdapat lapisan penyerap. Fungsinya adalah untuk menyerap cairan dengan baik sehingga bebas pengap. Lapisan ini juga membuat daya tampung popok lebih banyak. Alhasil, Si Kecil akan tetap merasa nyaman selama tidurnya hingga bangun pagi. Lalu pada lapisan ketiga, ada lapisan terluar yang berguna untuk melepaskan kelembaban tetapi tetap kuat menahan air. Dengan begitu, popok tidak ada lembab dan tetap tidak bocor.

  1. Teknologi baru pada permukaan popok

Keunggulan kedua yang perlu Moms ketahui adalah teknologi baru yang diterapkan pada permukaan popok Merries ini. Pada bagian tengah popok terdapat permukaan yang bergelombang sehingga penyerapannya maksimal. Selain itu, pada bagian samping kiri dan kanan terdapat permukaan dengan serat yang halus. Fungsinya adalah untuk menyerap atau menangkap air pipis dan kotoran/kotoran lunak sehingga tidak terjadi kebocoran.

  1. Bersirkulasi Udara

Keunggulan berikutnya adalah popok Merries ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Popok tidak akan pengap dan tidak menyebabkan resiko ruam kulit pada bayi.

  1. Alarm penanda pipis

Popok Merries juga memiliki alarm penanda pipis. Bila garis kuning berubah menjadi biru tandanya sudah terisi pipis bayi. Maka popok perlu segera diganti ya, Moms.

  1. Permukaan popok yang lembut

Seluruh permukaan popok Merries juga lembut, aman dan nyaman bagi kulit meski sudah banyak menampung pipis Si Kecil. 

  1. Perekat lembut dapat dilepas pasang berulang kali

Keunggulan lainnya, popok Merries juga memiliki perekat yang mudah dilepas pasang berulang kali. Perekat ini terasa lembut sehingga tidak akan melukai Si Kecil. Selain itu, bagian belakang popok lebih tinggi sehingga sehingga saat bayi berbaring kotoran tidak mudah bocor.

Nah, bila Moms memilih model pants untuk bayi kecil, pilihan terbaiknya adalah Merries Pants Good Skin. Popok ini pun memiliki banyak keunggulannya. Berikut di antaranya:

  1. Teruji klinis

Merries Good Skin sudah teruji secara klinis dapat mencegah iritasi. Uji klinis ini dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

  1. Sirkulasi Udara Baik

Dengan sirkulasi udara yang baik, kulit Si Kecil pun jadi bebas bernapas. Bayi akan tetap merasa nyaman di sepanjang hari

  1. Karet Elastis dan Lembut

Keunggulan lainnya, popok Merries memiliki karet yang elastis dan lembut sehingga tidak akan menimbulkan bekas pada kulit bayi. Bahkan, popok ini dapat menyesuaikan sehingga pas dengan tubuh Si Kecil.

  1. Penyerapan Banyak dan Cepat

Perlu Moms tahu, popok ini dapat menyerap cairan dengan cepat dan banyak. Bahkan, dapat menampung hingga 5 kali pipis. Kulit bayi tetap akan kering.

  1. Permukaan Lembut

Satu hal lain yang penting juga, popok Merries ini memiliki permukaan yang sangat lembut.  Kelembutan serat kainnya bahkan mencapai lebih dari 40% lebih lembut dibandingkan produk sebelumnya. Hal ini membuat kulit bayi tetap terlindungi.

Bagaimana Moms? Sudah tak bingung lagi kan memilih popok terbaik untuk Si Kecil.