Ketika Kakak Tak Ingin Punya Adik

Merries Insight
17 Februari 2015
Umum
Share
Ketika Kakak Tak Ingin Punya Adik

Moms, kehamilan anak kedua memang memiliki tantangan tersendiri dan yang pasti jauh lebih berat. Mengapa? Buah hati yang perlu diurus oleh moms nantinya bertambah satu lagi. Belum lagi mengurus suami. Soal kehamilan kedua, tidak hanya moms dan suami saja yang berdiskusi tentang segala sesuatunya, melainkan bunda dan suami juga harus melibatkan buah hati pertama Anda, apakah setuju dan siap memiliki adik. Bisa saja si kakak kaget dan merasa tidak senang dengan kehadiran anggota baru pada keluarganya. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ada beberapa triknya:

Tunjukan foto-foto bayi

Coba moms tunjukan beberapa foto bayi yang menggemaskan. Kemudian buatlah obrolan singkat dengan si kakak. Kaitkan obrolan Anda dengan foto-foto bayi lucu dan menggemaskan ini. Ceritakan bahwa bayi-bayi ini sangat lucu lalu tanyakan padanya apakah si kakak ingin punya adik bayi yang lucu seperti yang ada di foto. Akan tetapi jangan beri pujian yang berlebihan pada bayi-bayi yang ada di foto karena dikhawatirkan si kakak akan cemburu dan tidak ingin memiliki adik.

Ajak kakak mengunjungi bayi

Nah, jika moms kebetulan mempunyai agenda untuk mengunjungi sahabat atau kerabat yang baru saja melahirkan, ini kesempatan moms untuk mengajak kakak mengunjungi bayi sahabat/ kerabat Anda. Dengan melihat bayi secara langsung, kakak mungkin saja akan jauh lebih tertarik dengan kelucuan ekspresi wajah si bayi sehingga ia akan terpancing untuk memiliki adik seperti bayi yang baru dilihatnya.

Bacakan buku

Selain membacakan buku dongeng imajinatif, moms juga boleh bacakan buku dongeng yang menceritakan hubungan persaudaraan kakak dan adik. Dengan cerita-cerita seperti ini, setidaknya kakak memiliki pemahaman tentang peran seorang kakak nantinya.

Ajak kakak untuk membuat nama-nama untuk bayi

Tidak ada salahnya moms dan suami mengajak serta si kakak untuk membuat nama untuk calon adiknya. Metode ini membuat si kakak merasa dilibatkan serta mempunyai peranan. Kakak juga setidaknya tidak akan merasa dilupakan oleh moms dan dad-nya.

Ajak serta kakak periksakan kandungan

Saat hendak memeriksa kandungan, ajak serta si kakak dan tunjukan adiknya melalui layar USG dan perdengarkan detak jantung calon adiknya. Pasti si kakak akan sangat senang dan penasaran dengan calon adiknya ini.