Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengasuh Balita

Merries Insight
24 Maret 2016
Umum
Share
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengasuh Balita

Moms sering melihat si kecil kecil yang melakukan kesalahan lalu dimarahi di tempat umum? Atau Moms juga tidak jarang melihat orang tua yang mengajak si kecil balitanya masuk ke dalam bioskop padahal film yang diputar bukanlah film si kecil kecil? Kadang orang tua melakukan kesalahan yang tidak disadarinya bisa mempengaruhi tumbuh kembang Si kecil dalam jangka panjang. Memarahi si kecil di depan umum bisa membentuk karakter si kecil yang pemalu dan introvert, menontonkan sesuatu kepada si kecil yang tidak sesuai umur tentu juga mengganggu perkembangan otaknya. Jadilah orang tua yang bijak Moms, Moms bisa mulai dengan menghindari kesalahan umum berikut ini.

Rutinitas yang tidak konsisten

Si kecil kecil adalah jiwa yang bebas dan melakukan apa saja yang ia suka. Kebebasannya tersebut membuatnya sulit untuk diatur. Tapi Moms tidak boleh goyah, terapkan rutinitas pada si kecil seperti waktu makan, waktu mandi, waktu tidur yang sama setiap harinya agar Si kecil jadi si kecil yang disipilin. Banyak orang tua yang hanya memarahi si kecilnya ketika si si kecil tidak melakukan apa yang sudah ada di jadwalnya, misalnya dengan memandikannya sambil marah-marah dan membuat Si kecil menangis berteriak-teriak dan membenci waktu mandi. Yang harus ditekankan adalah konsekuensi, Moms, bukan emosi. Contohnya adalah Si kecil tidak boleh menonton acara favoritnya atau tidak mendapatkan jatah dessert jika tidak mau disuruh mandi sore.

Mengabaikan pentingnya bonding

Bonding atau membangun hubungan kedekatan dengan Si kecil sering dilupakan ketika Si kecil sudah punya saudara kandung, atau Moms dan Dads kembali sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Menghabiskan waktu bersama-sama satu keluarga memang penting, tapi jangan melupakan pentingnya waktu berdua dengan Si kecil di mana seluruh perhatian orang tua ada padanya dan Si kecil tidak akan merasa tersaingi dengan saudaranya yang lain.

Terlalu banyak penjelasan

Si kecil usia balita belum paham apa yang orang dewasa sepenuhnya katakan. Jadi apabila ia melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan didikan Moms, sebaiknya berikan larangan hanya dalam kata-kata yang pendek. Apabila Si kecil masih rewel Moms bisa langsung memberikannya time out atau memberinya konsekuensi atas perilakunya yang tidak baik. Cara seperti ini bisa lebih mudah dipahami oleh balita ketimbang memberikan penjelasan panjang lebar kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Si kecil juga akan lebih paham mengenai konsep konsekuensi.