Jangan Ragu, Dads Juga Bisa Kok Memandikan Si Kecil yang Baru Lahir

Merries Insight
05 Mei 2016
Umum
Share
Jangan Ragu, Dads Juga Bisa Kok Memandikan Si Kecil yang Baru Lahir

Selama ini, banyak para ayah yang menganggap jika memandikan anak merupakan tugas seorang Ibu. Padahal nggak demikian lho Dads, kalau ada waktu luang, sekali-kali boleh kok membantu sang istri tercinta untuk memandikan si kecil yang baru lahir.

Jangan takut, kalau anda masih ragu-ragu, coba saja untuk memandikan si kecil dengan cara di seka atau di waslap. Caranya ini lebih mudah, aman dan tentu saja bisa anda lakukan sendiri. Mau tahu caranya? Simak yuk persiapan wajib yang dilakukan para ayah, sebelum memandikan bayi baru lahir.

  • Pertama, siapkan peralatan utama, seperti air hangat dalam baskom ukuran sedang, sabun bayi, shampo waslap dan tentu saja handuk bayi. Semua perlengkapan tersebut wajib berada di ruang mandi si kecil.
  • Di tempat terpisah (kamar), siapkan minyak telon, bedak, popok, pakaian dan perlengkapan lainnya yang bisa digunakan si kecil. Ingat, jangan sampai si kecil menunggu lama!
  • Setelah fase persiapan selesai, saatnya untuk masuk ke fase selanjutnya, yakni memandikan. Anda bisa membuka baju si kecil secara perlahan, kemudian bungkus dengan menggunakan handuk.
  • Setelah selesai, baringkan si kecil atas alas anti air, dan berikan si kecil pegangan, seperti sarung tangan bekas pakainya atau benda lembut lainnya.
  • Setelah itu, buka tubuh si kecil secara perlahan, dan mulailah untuk memandikannya. Anda bisa membasahi tubuhnya dulu dengan waslap basah, kemudian baru bersihkan tubuhnya dengan sabun dan shampoo untuk bagian kepalanya.
  • Jangan lupa bersihkan bagian lipatan tubuh si kecil, termasuk bagian kelopak mata bagian atas, dan bagian lainnya yang sulit untuk dijangkau.
  • Setelah semuanya bersih, baru anda bisa mulai proses pembilasan. Cara ini bisa anda lakukan dengan menggunakan waslap basah baru, atau bisa juga dengan cara mengguyurnya secara perlahan. Tapi ingat, sedikit demi sedikit saja ya!
  • Setelah selesai, baru anda bisa melanjutkan proses memandingkan dengan cara, memakaikan si kecil popok dan baju dan perlengkapan pasca mandi lainnya.

Untuk pertama mungkin anda akan sedikit kaku, bahkan tangan gemetar. Tenang saja Dads, ini nggak apa-apa kok. Seiring dengan berjalannya waktu, anda dijamin akan semakin ahli dan bahkan akan menganggap kegiatan memandikan si kecil merupakan salah satu hal yang cukup menyenangkan. Selamat mencoba Dads!