Jangan Lupa Terlibat dalam Mempersiapkan Si Kecil Menghadapi Dunia Luar ya Dads!

Merries Insight
18 Juni 2016
Umum
Share
Jangan Lupa Terlibat dalam Mempersiapkan Si Kecil Menghadapi Dunia Luar ya Dads!

Kita semua pasti tahu bahwa dalam tumbuh kembang Si Kecil yang berperan dan ikut serta membimbingnya bukan hanya para Moms tetapi juga para Dads ikut serta dalam peran tersebut. Sekalipun para Dads sibuk dengan urusan pekerjaan tapi ketahuilah bahwa Si Kecil juga membutuhkan peran Dads dalam kehidupannya terlebih lagi dalam mempersiapkan Si Kecil menghadapi dunia luar.

Jadi peran Dads bukan hanya sekedar memberi materi, tetapi juga Dads berperan penting dalam mengembangkan kepribadian dan psikologi anak. Bahkan tidak sedikit para anak yang lebih mencari ayahnya dibandingkan dengan ibunya.

Lalu bagaimana keterlibatan para Dads untuk dapat mempersiapkan dunia luar untuk Si Kecil? Dalam kehidupan Si Kecil Dads mempunyai beberapa karakteristik yang dapat berperan dalam kehidupan Si Kecil yang berbeda dengan para Moms. Hal tersebut juga menjadi alasan agar Dads dapat terus meningkatkan hubungan yang erat antara Dads dan juga Si Kecil. Berikut ini terdapat beberapa peran Dads dalam mempersiapkan dunia luar untuk Si Kecil.

Mengajari cara menyelesaikan masalah

Ketika Si Kecil menghadapi dunia luar maka Si Kecil pasti akan menemukan sebuah permasalahan yang mungkin masih terlalu asing bagi Si Kecil. Nah disini peran Dads adalah mengajari Si Kecil untuk dapat menyelesaikan masalahnya dengan cara mengambil keputusan dan menerima apapun konsekuensinya dari keputusannya tersebut. Apabila Si Kecil sudah terbiasa mengambil keputusan secara tepat, maka Si Kecil tidak akan menjadi seorang anak yang agresif.

Menjadi pembimbing atau pemandu

Pada saat Si Kecil mulai diperkenalkan dunia luar maka Dads sangat berperan sebagai pembimbing atau pemandu Si Kecil. Ajarkan Si Kecil perilaku yang baik dan membantu Si Kecil dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Karena di dunia luar Si Kecil belum dapat membedakan mana yang buruk dan mana yang baik. Untuk itu Dads harus terlebih dahulu membimbing Si Kecil agar tidak salah tangkap. Apabila Si Kecil berperilaku baik maka Dads dapat memberikannya pujian serta terus menyemangatinya untuk terus melakukan yang terbaik. Dan tegurlah secara lembut apabila Si Kecil melakukan sesuatu yang buruk.

Penyedia

Dads, kalian semua harus ingat bahwa kalian juga mempunyai tanggung jawab untuk mengasuh Si Kecil. Jadi jangan selalu berpikir jika para Moms yang harus merawat dan mengasuhnya. Di sini Dads juga harus ikut serta dalam mengasuh dan merawat Si Kecil. Di dunia luar Si Kecil bukan hanya membutuhkan Moms saja tetapi juga para Dads yang berperan juga sebagai penyedia untuk Si Kecil.

Mempersiapkan masa depan

Dalam mempersiapkan dunia luar untuk Si Kecil maka secara otomatis Si Kecil mempunyai sebuah cita-cita di masa depannya. Maka dari itu Dads harus mempersiapkan masa depan Si Kecil secara matang dan dukunglah apa yang diinginkan Si Kecil ketika sudah besar nanti untuk masa depannya.