Ini Dia Pengalaman Seru Menjadi Calon Ayah

Merries Insight
20 Januari 2015
Umum
Share
Ini Dia Pengalaman Seru Menjadi Calon Ayah

Masa kehamilan merupakan saat yang menggembirakan sekaligus penuh kejutan untuk calon ayah. Selain karena sebentar lagi akan jadi ayah, calon ayah juga wajib memahami momen-momen penting kehamilan sang istri sehingga paham apa yang sebaiknya dilakukan. Berikut ini adalah timeline calon ayah untuk membantu agar proses kehamilan berlangsung lancar.

Minggu Ke-8

Pemeriksaan kehamilan pertama sebaiknya dilakukan sedini mungkin ketika mengetahui istri hamil sampai usia kehamilan kira-kira 8 minggu. Suami sebaiknya ikut dalam pemeriksaan ini. Pasalnya dokter kandungan memerlukan sejarah kesehatan istri dan suami. Pada tahap ini, calon ayah dapat mengumpulkan info tentang pelayanan rumah sakit ibu & anak yang bagus.

Minggu ke-12

Pada usia kehamilan ini, istri dan calon ayah dapat melihat janin yang begerak dan mendengarkan detak jantungnya lewat tes USG. Jangan lupa simpan hasil USG.

Minggu ke-17

Ketika kehamilan berusia 4 bulan, istri dan calon ayah sudah bisa tahu jenis kelamin buah hatinya. Namun jenis kelamin kadang masih dapat berubah. Pasalnya, alat kelamin tidak terlihat saat di USG.

Minggu ke-20

Pada periode ini sampai minggu 22, USG kedua bisa dilakukan. Pada minggu ini ibu dan calon ayah bisa melihat bayinya mengisap ibu jari. Pada usia kehamilan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mulai memikirkan persiapan persalinan. Calon ayah dapat membantu istri menyiapkan perlengkapan dan kamar bayi.

Minggu ke-21

Pada tahap ini, calon ayah bisa bersiap merasakan seperti apa tendangan pertamanya. Calon ayah bisa membantu istri mencatat waktu gerakan pertama dan gerakan berikutnya sampai ke-10. Ini bertujuan untuk mengetahui pola perkembangan bayi.

Minggu ke-22

Mulai ajak si kecil di dalam perut berbicara. Pasalnya, bayi lebih mudah mendengar suara berat pria daripada suara tinggi wanita.

Minggu ke-35

Pada tahap ini adalah saatnya untuk membuat rencana persalinan. Calon ayah dapat berdiskusi dengan istri tentang rencana proses persalinan yang akan dilakukan apakah akan melahirkan di rumah sakit atau memilih metode lain seperti water birth.

Minggu ke-36

Sebagian besar persalinan terjadi lebih cepat. Pada minggu ini, posisi kepala bayi sudah ada di panggul ibu dan siap untuk lahir. Calon ayah diharapkan sudah menyiapkan keperluan istri selama berada di rumah sakit, nomor telepon penting, dan mengetahui rute tercepat ke rumah sakit jika proses persalinan mendadak.