Hujan? Lakukan Kegiatan-Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Rumah!

Merries Insight
03 September 2016
Kesehatan
Share
Hujan? Lakukan Kegiatan-Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di  Rumah!

Saat turun hujan, si kecil biasanya akan merasa galau karena tidak dapat bermain di luar rumah. Daripada Moms mendengar rengekan si kecil yang tidak ada habisnya, bagaimana jika Moms mengajaknya bermain bersama di rumah. Dengan mengajaknya tetap aktif berkegiatan bersama, dijamin hujan tak akan lagi membuatnya rewel dan jenuh karena tidak dapat bermain. Ajak anak untuk melakukan beberapa permainan berikut ini! Selain dapat membuat anak gembira, permainan tersebut juga akan mengasah motorik kasar, motorik halus, dan kreativitasnya!

Mendirikan Tenda

Ajah buah hati berkemah di dalam rumah. Cukup menggunakan selimut dan benda – benda yang ada di dalam kamarnya. Supaya mirip seperti kemah di hutan, Moms dapat meredupkan lampu kamarnya.

Membuat Kue

Jika Moms termasuk penggemar kue, tidak ada salahnya jika mengajak si kecil membantu Moms membuat kue favorit. Aktivitas ini sangat seru dan menyenangkan untuk anak lho Moms! Mintalah ia untuk membantu Moms mengaduk adonan, mencetak, dan menghias kuenya. Jika kue sudah matang, foto si kecil bersama dengan hasil kue buatannya. Pasti ia akan sangat senang.

Bermain Bayangkan Tangan

Matikan lampu di kamar tidurnya. Setelah itu pasang lampu tidur atau senter dengan mengarahkan cahaya ke dinding. Buat berbagai macam bentuk bayangan hewan menggunakan jari-jari Moms. Setelah itu, ajari si kecil membuat bayangan dengan tangannya sama seperti yang dilakukan Moms tadi.

Origami

Ajak buah hati Moms membuat berbagai macam bentuk hewan, kapal, rumah, burung, dan masih banyak lagi dari kertas lipat. Kegiatan seni melipat kertas ini dapat menjadi alternatif yang menyenangkan untuk mengisi waktu di kala hujan. Setelah jadi, ajak si kecil memajang karya tersebut di kamarnya.

Membuat Kerajinan Tangan

Selain mewarnai dan menggambar seperti biasanya, Moms juga dapat mengajak anak membuat kolase gambar di atas kertas menggunakan koran bekas, kancing bekas, atau bahan – bahan lainnya yang disusun sesuai dengan gambar yang diinginkan.

Menonton Film Anak

Tentu si kecil punya tokoh film favorit. Supaya ia tidak merasa bosan, ajak ia menonton film kesukaannya itu. Selama menonton, Moms juga sebaiknya sambil terus mengajaknya berinteraksi mengenai jalan cerita film.

Memanfaatkan Barang Bekas

Kumpulkan aneka barang bekas yang sudah tidak terpakai di rumah misalnya botol – botol plastik, kotak sepatu, kaleng susu, dan sebagainya. Buat berbagai benda menarik sesuai dengan imajinasi anak. Jika kebingungan menemukan ide, saat ini banyak contoh benda yang dapat menjadi inspirasi Moms dengan melihat video dari YouTube.