Haruskah Khawatir Si Kecil Hobi Makan Mie Instan Moms?

Merries Insight
02 Juni 2016
Kesehatan
Share
Haruskah Khawatir Si Kecil Hobi Makan Mie Instan Moms?

Mie instan telah menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang suka dengan makanan yang satu ini. Selain itu harganya yang murah juga membuat masyarakat dapat menjangkaunya dengan mudah. Dengan pilihan rasa yang bermacam – macam dan juga lezat, mie instan sering membuat si kecil tidak selera untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang lebih sehat.

Mie instan sebenarnya termasuk makanan yang tidak sehat karena mengandung pengawet dan penyedap rasa. Selain itu mie juga tidak mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika si kecil hobi makan mie instan, Moms tentu wajib merasa khawatir. Apalagi jika si kecil mengonsumsinya cukup sering dan menggunakan semua bumbu yang terdapat pada kemasan mie instan tersebut.

Jika si kecil sudah terlanjur hobi makan mie instan, Moms jangan terburu – buru melarangnya karena hal ini akan membuat si kecil marah dan diam – diam mencari kesempatan agar dapat menikmati makanan tersebut tanpa sepengetahuan Moms. Moms dapat menyiasatinya dengan beberapa cara berikut ini:

Memberikan Jadwal yang Pasti

Mengkonsumsi mie instan terlalu sering tentu akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan. Oleh sebab itu Moms perlu membatasi konsumsi makanan tersebut. Beri jadwal kapan si kecil boleh menyantap mie instan contohnya satu bulan sekali.

Memberikan Konsekuensi

Jika si kecil meminta mie instan, jangan langsung memberikannya. Tetapi berikan konsekuensi mengenai apa yang wajib mereka lakukan setelah makan mie tersebut. Misalnya jika ia makan mie, maka ia wajib mengkonsumsi makanan sehat selama beberapa hari ke depan.

Mengganti Bumbu

Bagian dari mie instan yang paling tidak sehat terletak pada bumbunya karena menggunakan bahan-bahan kimia dan unsur penyedap yang dapat memberikan rasa gurih. Karena bagian ini yang tidak sehat, maka sebaiknya Moms mengganti bumbu tersebut dengan bumbu buatan sendiri agar lebih sehat.

Mengganti Mie Instan

Si kecil biasanya belum dapat membedakan mana mie instan dan mie buatan sendiri. Oleh sebab itu Moms dapat mengganti mie instan dengan mie yang dibuat sendiri karena lebih sehat dan tidak menggunakan pengawet.

Mencampur Mie dengan Sayuran

Ketika membuat mie untuk si kecil, tambahkan beberapa sayuran ke dalam mie tersebut misalnya bayam, wortel, jagung, brokoli atau sayuran lainnya. Dengan cara ini, si kecil tidak hanya akan mengkonsumsi mie tetapi juga aneka sayuran yang dicampurkan ke dalamnya.