Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membawa Si Kecil ke Kantor

Merries Insight
27 November 2019
Umum
Share
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membawa Si Kecil ke Kantor

Artikel ini berisi tentang :

  1. Sebaiknya Cari Alternatif Lain
  2. Pertimbangkan Faktor Kesehatan
  3. Jika Terpaksa Harus Diajak ke Kantor
  4. Minta Pengertian Si Kecil dan Buat Aturan Bersama

Berbagai kekhawatiran akan dirasakan Moms saat terpaksa harus membawa Si Kecil ke kantor. Dari mulai khawatir pihak perusahaan tidak mengizinkan, khawatir Si Kecil rewel, takut mengganggu aktivitas rekan kerja dan lainnya. Dalam kondisi seperti ini, apa yang harus Moms lakukan?

Sebaiknya Cari Alternatif Lain

Lingkungan kantor jelas tidak akan mungkin membiarkan Si Kecil bebas bermain, apalagi jika kantor tempat Moms bekerja dipenuhi hal-hal yang justru membahayakan, misalnya kabel listrik dan lainnya. (oleh Dr dr Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K)., dokter spesialis anak dari RS Cipto Mangunkusumo)

Selain itu, di usianya yang sekarang (Balita), Si Kecil sedang giat-giatnya bereksplorasi. Karena kantor bukan tempat aman dan nyaman untuk bermain, Moms pasti akan banyak melarang Si Kecil. Imbasnya, kondisi ini malah akan membuatnya stres.

Makanya, dr Damayanti menyarankan agar Moms mencari alternatif lain. Misalnya, menitipkan Si Kecil kepada mertua atau kerabat yang sudah dekat dengannya, atau (jika Si Kecil mau) Moms bisa menitipkan Si Kecil ke tempat penitipan anak untuk sementara waktu.

Kalau pekerjaan di kantor tidak terlalu berat dan masih bisa di-handle rekan kerja lainnya, tidak ada salahnya Moms mengajukan cuti kerja untuk sementara sampai pengasuh Si Kecil bekerja kembali.

Pertimbangkan Faktor Kesehatan

Di kantor, Si Kecil mungkin akan bertemu, dan bahkan bersinggungan dengan orang banyak. Yang dikhawatirkan, ada beberapa dari mereka sedang memiliki penyakit menular tapi tetap memaksakan diri untuk masuk kerja. Kondisi ini jelas sangat berbahaya untuk Si Kecil.

Hal lainnya yang perlu Moms pertimbangkan terkait faktor kesehatan, dilansir Fox News, penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Arizona, menyebut jika kantor merupakan salah satu dari 6 tempat paling banyak dihuni bakteri.

Dalam penelitian tersebut, bakteri di dalam kantor paling banyak ditemukan pada keyboard komputer, handle pintu, dan meja kerja.

Sedangkan hasil penelitian dari Universitas Colorado, disebutkan ada sekitar 19 kelompok bakteri yang banyak ditemukan di area kantor, termasuk bakteri staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan Infeksi kulit, seperti bisul, ruam kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Jika Terpaksa Harus Diajak ke Kantor

Jika memang tidak ada pilihan lain kecuali harus membawa Si Kecil ke kantor, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan saat membawa Si Kecil ke kantor, diantaranya adalah :

  1. Pastikan atasan sudah mengizinkan. Jika tidak diizinkan, Moms bisa meminta pertimbangan cuti kerja untuk sementara waktu.
  2. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan agar Si Kecil tetap asyik bermain, tanpa mengganggu orang lain. Misalnya mainan favorit, alat gambar dan lainnya.
  3. Selama di kantor, pastikan Si Kecil tetap berada dalam pengawasan Moms. Misalnya, diminta duduk di samping Moms, atau tetap bermain di ruang kerja Moms.
  4. Sediakan cemilan favorit Si Kecil. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi Si Kecil merengek karena merasa lapar.

Jangan lupa, Moms harus bicara dan minta pengertian kepada rekan kerja terkait alasan kenapa Si Kecil harus dibawa kerja, terutama rekan kerja yang berpotensi terganggu dengan kehadiran Si Kecil.

Minta Pengertian Si Kecil dan Buat Aturan Bersama

Menurut penelitian dari Department of Psychology University of Pennsylvania, Amerika, menyebut jika Si Kecil sebenarnya sudah bisa mengartikan kata-kata sejak usia 1 tahun, dan bisa memahaminya dengan baik saat berusia 2 tahun.

Kemampuan ini akan terus meningkat hingga usianya menjelang 4 tahun. Bahkan di usia ini, kemampuan Si Kecil dalam memahami instruksi orang lain meningkat pesat, bahkan dia sudah bisa diajak untuk menerapkan aturan bersama.

Nah manfaatkan kemampuan ini untuk agar Si Kecil tetap tertib selama ikut ke kantor. Caranya, Moms bisa menanamkan pengertian jika sekarang dia akan diajak untuk pergi ke kantor. Jelaskan situasi kantor itu seperti apa, dan apa yang harus dilakukan Si Kecil di sana.

Kondisi ini sebenarnya tidak berbeda jauh saat Moms akan mengajak Si Kecil bertamu ke rumah tetangga. Jika Si Kecil sudah berhasil mengerti dan memahami aturan kunjungan, maka seharusnya dia tidak akan membuat banyak masalah saat diajak pergi ke kantor.