Hal-Hal Penting Inilah yang Sebaiknya Dads Lakukan Setelah Si Kecil Lahir

Merries Insight
08 Mei 2016
Kesehatan
Share
Hal-Hal Penting Inilah yang Sebaiknya Dads Lakukan Setelah Si Kecil Lahir

Setelah si kecil lahir, sejuta kebahagiaan menaungi seluruh keluarga anda. Dari mulai keluarga dekat, kerabat hingga rekan sejawat, semuanya berbondong-bondong datang ke rumah anda untuk sekedar mengucapkan selamat, bahkan tidak jarang mereka pun datang dengan membawa hadiah.

Tapi ingat Dads, selain mempersiapkan kedatangan tamu yang berbondong-bondong, berikut merupakan beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan pasca si kecil dilahirkan.

Berikan Kabar Bahagia

Jangan sampai istri anda tahu jenis kelamin, berat dan bobot si kecil dari facebook atau sosial media. Makanya, ketika si kecil lahir, langsung kabarkan kepada sang istri dengan cara berbisik di telinganya.

Beritahu jika si kecil lahir dengan selamat, jenis kelaminnya, berat dan panjangnya. Jangan lupa juga, berikan pujian kepada sang istri atas kerja keras dan pengorbanannya hingga si kecil lahir dengan selamat. Jangan ragu, beri dia kecupan di kening sebagai ucapan selamat!

Memberi Nama Bayi

Nggak lucu dong yang jenguk bertanya tentang nama si kecil, anda malah menjawabnya “nggak tahu” atau “belum ada nama”. Memberi nama merupakan hal sepele yang harus segera anda lakukan. Untuk itu, ketika si kecil lahir, sebaiknya sambut dia dengan sebuah nama.

O iya Dads, nama si kecil mungkin bisa anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum dia lahir. Kalau bisa, persiapkan beberapa nama, kemudian mintalah pendapat keluarga nama mana yang cocok dengan si kecil.

Mengubur Ari-Ari

Beberapa saat setelah si kecil lahir, langsung kuburkan air-ari atau placenta si kecil. Ari-ari ini bertindak seperti sebuah selang untuk menyalurkan makanan selama si kecil dalam kandungan.

Selain itu, kalau anda ingin menjalankan teknik kelahiran Lotus Brith dengan membiarkan placentanya tetap utuh hingga copot sendiri, anda bisa meminta dokter atau suster yang menanganinya untuk tidak memotong tali ari-ari si kecil, dan hanya membersihkannya saja.

Skin To Skin

Beberapa ibu terkadang terlalu lemas atau bahkan pingsan sesaat setelah melahirkan. Nah, kalau ternyata istri anda belum mampu melakukan kontak skin to skin, anda bisa menawarkan diri untuk melakukannya.

Secara tidak langsung, skin to skin yang anda lakukan bisa dikategorikan sebagai bentuk komitmen dan dukungan atas kelahiran si kecil. Selain itu, cara ini bisa anda gunakan sebagai ucapan selamat dan salam perkenalan kepada si kecil yang baru dilahirkan.

Selain itu, masih ada beberapa hal lainnya yang harus anda persiapkan, termasuk memberikan adzan dan iqomah jika anda seorang muslim. So, jadilah ayah yang super Dads!