Hal-Hal Inilah yang Sebaiknya Dads Ajarkan Kepada Jagoannya

Merries Insight
02 Mei 2016
Umum
Share
Hal-Hal Inilah yang Sebaiknya Dads Ajarkan Kepada Jagoannya

Dads, siapa sih yang nggak senang dengan anak laki-laki. Mereka terlihat begitu bertenaga, lincah dan tentu saja ada secuil harapan yang tersimpan dalam diri setiap ayah, semoga si kecil mampu menjadi penerus terbaik nama besar keluarga.

Nah Dads, untuk menggapai semua harapan tersebut, sebagai ayah anda wajib mempersiapkan generasi mandiri yang kuat, baik secara fisik ataupun mental. Dilansir dalam newparent, berikut merupakan beberapa hal yang sebaiknya anda ajarkan supaya si kecil bisa tumbuh sesuai dengan harapan keluarga.

Mengambil Keputusan

Skil sederhana tapi efektif untuk mencetak calon pemimpin dimasa depan. Cara melatih si kecil supaya mampu mengambil keputusan dengan bijak, bisa dilakukan dengan cara, membuat beberapa skenario pilihan, memberikan kebebasan kepada si kecil untuk memilih dan latihan lainnya.

Tanggung Jawab

Ajarkan si kecil untuk bertanggung jawab dengan tugas yang dibebankan kepadanya. Caranya mudah, anda bisa memberikan si kecil uang jajan jatah harian, mingguan hingga bulanan, dan minta si kecil untuk mengatur uang tersebut sesuai dengan kemampuan.

Selain itu, latihan tanggung jawab bisa anda berikan dengan cara, meminta si kecil untuk menjaga adiknya, memberikan tugas rumah sesuai dengan kemampuannya, dan sederet latihan tanggung jawab lainnya

Makna Berbagi

Selain harus punya mental baja, anak laki-laki pun wajib punya jiwa sosial tinggi. Untuk mengajarinya, ajarkan tentang apa makna berbagi, dan harus kepada siapa dia berbagi. Anda bisa mengajarkannya dengan cara, sering berkunjung dan memberikan santunan kepada orang yang kurang beruntung.

Kerja Keras

Ajarkan kepada si kecil makna kerja keras dan pantang menyerah. Contohnya, ketika si kecil kesulitan dengan pelajaran sekolahnya, beri dia dorongan motivasi untuk membangkitkan semangatnya, tapi jangan membantu pelajarannya. Biarkan dia berfikir dan belajar untuk menanggung bebannya sendiri.

Jangan lupa untuk mengajarkan makna kerja cerdas. Misal, ketika si kecil sedang kesulitan, biarkan dia beristirahat sejenak, untuk kemudian melanjutkan kembali PR-nya setelah otaknya benar-benar segar.

Mandiri

Kemandirian merupakan salah satu basic yang harus dimiliki setiap anak. Untuk itu, anda bisa mengajarkan skill ini dengan cara, membiasakan si kecil tidur di kamarnya sendiri, belajar untuk menyelesaikan segala kesulitannya dan lainnya. Intinya, sikap positif ini harus dipupuk sejak dini, Ok Dads!