Efek Buruk Si Kecil Hobi Menggigit Kuku

Merries Insight
10 Juli 2016
Umum
Share
Efek Buruk Si Kecil Hobi Menggigit Kuku

Tangan adalah salah satu organ tubuh yang membantu sekali untuk kehidupan sehari-hari. Ada banyak hal dan juga benda dan juga aktivitas yang bisa dilakukan dengan tangan. Hal ini menyebabkan tangan memberikan banyak akses terhadap kuman dan penyakit. Oleh karena itu kebiasaan menggigit kuku bukan merupakan kegiatan yang baik dilakukan, hal ini tidak terkecuali untuk Si Kecil. Untuk Si Kecil, hal ini malah lebih berbahaya. Pengetahuan Si Kecil masih sangat terbatas, sehingga ia belum bisa sepenuhnya mengerti bahwa apa yang ia pegang merupakan hal yang bersih atau kotor. Si Kecil juga memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga ia banyak mencoba hal-hal yang baru. Jika Si Kecil memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka Moms Harus segera membantunya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini disebabkan karena menggigit kuku bukan hanya sebuah kebiasaan yang buruk tapi juga bisa menyebabkan penyakit lain yang berbahaya. Efek buruk dari kebiasaan mengigit kuku antara lain adalah:

Mudah terserang penyakit

Ketika Si Kecil menggigit kukunya, ia tidak tahu apakah kekebalan tubuhnya baik atau sedang menurun. Jika kekebalan tubuh Si Kecil sedang kurang baik, maka ia akan mudah terserang penyakit seperti pilek dan juga demam. Penyakit-penyakit ini mungkin masih tergolong ringan bukan? Selain flu, masih ada banyak penyakit yang lebih berbahaya lainnya yang bisa disebabkan karena kebiasaan buruk menggigit kuku ini, salah satunya adalah infeksi pada mulut dan rongga mulut. Kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan juga infeksi pada mulut yang ditandai dengan warna kemerahan dan juga pembengkakan di sekitar area mulut dan juga rongga mulut.

Perubahan fisik

Ketika Si Kecil memiliki kebiasaan menggigit kuku, hal yang berbahaya lainnya adalah ketika pertumbuhannya terganggu. Ketika Si Kecil menggigit kuku, ia bisa saja mengalami gangguan pertumbuhan gigi yang menyebabkan giginya miring dan tidak beraturan. Hal lainnya yang bisa terjadi adalah bentuk dari kuku tangan yang aneh karena potongannya hanya sesuai dengan potongan gigi.

Pengaruh pada gigi

Menggigit kuku juga bisa mempengaruhi kesehatan gigi. Bukan hanya bentuk fisiknya yang tidak enak dipandang, kebiasaan menggigit kuku juga bisa menyebabkan kerusakan lapisan pada gigi Si Kecil.

Melihat banyaknya efek negatif pada kebiasaan menggigit kuku ini, Moms harus mengajarkan pada Si Kecil bahwa kebiasaannya bukan merupakan kebiasaan yang baik. Jika Moms juga mengidapnya, maka Moms juga harus menghilangkan kebiasaan tersebut agar tidak di contoh oleh Si Kecil.