Di Umur Berapa Idealnya Si Kecil Bisa Tidur Semalam Penuh?

Merries Insight
01 Maret 2016
Umum
Share
Di Umur Berapa Idealnya Si Kecil Bisa Tidur Semalam Penuh?

Moms, tidur adalah hasil interaksi kompleks antara bermacam peristiwa biologis, kimia, dan hormonal. Pola tidur pun berkaitan erat dengan maturasi atau pematangan fungsi otak Si kecil. Pola tidur Si kecil amat berbeda dengan pola tidur orang dewasa. Adapun memahami pola tidur Si kecil diharapkan membantu Moms menemukan pola asuh tepat sekaligus mengurangi frustasi akibat jam tidur Si kecil yang berbeda.

Apakah Moms kelelahan karena Si kecil sering terbangun atau terjaga di malam hari? Sebenarnya di umur berapa idealnya Si kecil dapat tidur semalam penuh?

Umur 0-1 Bulan

Umur 0-1 bulan Si kecil sangat mudah tertidur, baik siang atau malam hari. Dalam sehari rata-rata Si kecil bisa tidur antara 16-18 jam yang mana terbagi menjadi beberapa periode misal tiap 2 jam sekali. Selama periode ini Moms memang mesti bersabar mengikuti pola tidur Si kecil. Biasanya Si kecil akan sering terbangun untuk menyusu. Namun, setelah memasuki usia 1 bulan umumnya bisa mulai dikenalkan dan diajak mengikuti kebiasaan rutin. Oleh karena itu, berlakukan jam tidur yang sama dengan setting berbeda misal lampu dimatikan agar Si kecil mengenal perbedaan siang dan malam.

Umur 2 Bulan

Pola tidur Si kecil umur 2 bulan masih belum bisa diprediksi. Tetapi, biasanya Si kecil akan tidur 1 kali di pagi hari, 1 kali tidur lama di siang hari, dan di malam hari. Hanya saja saat malam mungkin Moms masih harus sering terbangun untuk memberi ASI. Pada umur ini Si kecil sering mengalami kolik dan susah tidur.

Umur 3 Bulan

Pertambahan berat memungkinkan Si kecil akan mencerna lebih banyak kalori. Inilah mengapa Si kecil akan lebih sering terbangun. Pola tidur sudah mulai teratur, tetapi Moms mesti tetap mengikuti kemauan Si kecil agar tidak rewel di malam hari.

Umur 4 Bulan

Si kecil umur 4 bulan sering terbangun karena ingin pipis. Mungkin benar Moms bisa memasangkan diapers, sehingga Si kecil tidak sering terbangun. Tetapi lebih baik bila Si kecil umur 4 bulan belum dibiarkan tidur sepanjang malam. Sesekali bangunkan untuk memberi ASI.

Umur 5 Bulan

Waktu tidur pagi dan kecil Si kecil umur 5 bulan akan mulai banyak berkurang. Namun, bila si Kecil tidak cukup tidur siang biasanya akan rewel di malam harinya.

Umur 6 Bulan

Umur 6 bulan Si kecil akan memiliki jadwal tidur teratur. Menjelang petang, biasanya Si kecil terlihat mengantuk. Usahakan Moms disiplin mengatur waktu tidur malam Si kecil. Pada umur ini waktu bangun malam akan berkurang banyak. Waktu bangun karena pipis juga berkurang drastis.