Deretan Kegiatan Produktif yang Bisa Menjadi Penyaluran Energi Berlebih

Merries Insight
22 Januari 2016
Umum
Share
Deretan Kegiatan Produktif yang Bisa Menjadi Penyaluran Energi Berlebih

Masa balita adalah masa ketika seorang anak akan mengalami suatu pertumbuhan yang akan dibarengi oleh tersedianya energi yang berlebih dalam diri anak sehingga tidak mengherankan jika pada masa ini anak akan cenderung untuk melakukan berbagai kegiatan yang akan menguras tenaganya.

Menyikapi adanya hal semacam itu, pastinya bagi Moms yang memiliki anak yang cenderung sangat aktif, maka bisa mencari akal dalam menemukan kegiatan produktif bagi si kecil, yang juga bisa menyalurkan energi berlebih pada dirinya dengan melakukan tindakan positif. Pada dasarnya, ada berbagai kegiatan produktif bagi si kecil yang bisa mengalihkan keaktifan pada diri si kecil yang tentunya akan memberikan stimulasi pada otak untuk membantu si kecil dalam menyalurkan energi yang berlebih.

Olahraga

Salah satu kegiatan produktif bagi si kecil yang bisa digunakan sebagai pelampiasan energi yang berlebih adalah dengan melakukan olahraga. Beberapa anak yang cenderung hiperaktif dengan energi yang berlebih akan sangat baik jika Moms mampu mengalihkannya untuk melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah berenang yang mana dengan berenang maka seorang anak akan terlihat senang dan gembira.

Bermain Di Luar

Cara lainnya adalah dengan mengajaknya bermain di luar ruangan. Perlu Moms ketahui, bahwa yang namanya anak yang punya banyak energi pastinya tidak akan mampu untuk bermain di dalam rumah dengan duduk manis. Untuk menghadapi tipe anak semacam ini, maka Moms bisa mengajaknya pergi ke play ground dan mencoba segala wahana yang tersedia di sana. Dengan lahan yang begitu luas dan adanya peralatan bermain yang tersedia, maka si kecil akan mampu untuk menyalurkan energi yang berlebih tersebut.

Mengajaknya Membuat Kerajinan

Jika Moms menginginkan si kecil untuk duduk manis di rumah, dengan melakukan kegiatan positif, maka Moms bisa mengajaknya untuk membuat suatu kerajinan yang bisa memancing si kecil untuk tetap fokus dengan kegiatan yang ada di depannya.

Tentunya, dalam pemilihannya Moms harus pandai mencari sebuah kerajinan yang cocok bagi si kecil sehingga ia akan tertarik untuk membuat kerajinan. Salah satu kerajinan yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan membuat suatu kerajinan yang disebut origami yang akan membantu perkembangan kecerdasan otak si kecil

Menyikapi si kecil yang hiperaktif dengan energi yang berlebih memerlukan sebuah trik khusus untuk menyalurkan sebagian besar energi tersebut pada suatu kegiatan produktif baginya yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan si kecil. Berbagai kegiatan produktif seperti kegiatan fisik, menari, bermain di luar ruangan serta beberapa kegiatan lain bisa dijadikan pilihan penyaluran energi berlebih.

Untuk itu, sebagai orang tua Moms harus pandai memilih kegiatan produktif bagi si kecil yang sesuai dengan usia perkembangannya.