Dari Popok Sampai Pakaian Bayi, Ide Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Merries Insight
22 Juli 2020
Umum
Share
Dari Popok Sampai Pakaian Bayi, Ide Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Sebelum bayi lahir, biasanya Moms sudah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menyambutnya, mulai dari popok bayi hingga baju bayi pastinya sudah diborong untuk mendukung masa kembangnya kelak. Meski begitu, terkadang ada saja yang masih terlupakan. Nah, Moms bisa memberikan kado ini sebagai hadiah jika teman atau Moms sedang hamil atau baru saja melahirkan.

Moms yang sedang hamil biasanya sudah mencicil beberapa perlengkapan bayi. Hal seperti kaos kaki, baju, perlengkapan tidur, perlengkapan mandi, popok bayi dan sebagainya. Selain itu, sanak saudara juga mungkin juga sudah ada yang memberikan hadiah sebagai bentuk kado untuk bayi baru lahir.

Biasanya saat usia kehamilan sudah menginjak lebih dari 4 bulan, Moms baru mulai mengumpulkan barang kebutuhan Si Kecil. Usia tersebut dipilih lantaran jenis kelamin Si Kecil baru bisa terlihat kehamilan sudah berusia 4 bulan. 

Itu pun bisa kemungkinan berubah dari diagnosa awal. Pasalnya dokter yang melihat hasil ultrasonography (USG) sangat tergantung dari posisi si Kecil saat didalam kandungan.  Nah buat Moms yang ingin memberikan kado untuk bayi baru lahir kolega ataupun kerabat, lebih baik tanyakan dulu jenis kelamin Si Bayi.

Hal itu dapat membantu Moms untuk menentukan jenis kado apa yang paling bermanfaat untuk Si Kecil. Mungkin sudah Moms sadari, banyak barang-barang bayi yang dikategorikan berdasarkan jenis kelamin, khususnya pakaian. Selain pertimbangan jenis kelamin, akan lebih baik jika barang yang diberikan bisa dipakai setiap hari. Moms pasti lebih bahagia ketika melihat kado untuk bayi baru lahir yang diberikan digunakan terus.

Nah berikut merupakan ide bagi Moms yang ingin memberikan kado untuk bayi baru lahir. Simak yuk beberapa alternatif kado bayi baru lahir. Tidak perlu mahal kok, Moms.

1. Buku bacaan

Kado untuk bayi baru lahir yang berikutnya bisa diberikan adalah buku bacaan. Buku ini memang bukan Si Kecil yang akan membacanya secara langsung, melainkan ditujukan untuk para Moms. Buku yang dapat dipilih bisa buku yang memiliki grafis yang menarik dan juga bisa bersuara. Saat ini juga sudah banyak buku berjenis pop-up untuk gambarnya. 

Jadi Moms bisa sekaligus bercerita tentang binatang, benda langit maupun tumbuhan. Bayi biasanya senang terhadap buku yang bisa mengeluarkan suara, meskipun Ia belum bisa memahami buku tersebut. Buku ini bisa membantu Moms baru untuk menarik perhatian Si Kecil.

Selain sebagai hiburan Si Kecil, buku ini bisa membantu ibu baru untuk melatih saraf dan kemampuan motorik Si Kecil. Di pasaran kini sudah banyak buku bacaan yang disesuaikan dengan usia Si Kecil. Contohnya, buku berwarna hitam putih dengan motif bergaris untuk newborn atau buku dengan lebih banyak warna untuk bayi berusia di atas 3 bulan, sesuai dengan kemampuan mata bayi mengenali warna. Moms bisa menghadiahi orang tua baru buku bacan stimulasi ini karena akan membantu mereka untuk melatih Si Kecil.

Buku bacaan juga bisa membantu Si Kecil untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, sehingga harapannya adalah Si Kecil memiliki kegemaran membaca.

2. Mainan Bayi

Banyak orang akan fokus pada pakaian saat menentukan kado untuk bayi baru lahir. Tentu tidak ada yang salah dengan memberikan pakaian untuk bayi. Moms bisa memberikan pakaian bayi dengan ukuran untuk usia 6 bulan ke atas, karena perkembangan bayi di bawah usia 6 bulan cukup cepat sehingga pakaian akan segera tidak muat. 

Namun, Moms bisa memilih memberikan mainan bayi jika ingin hadiah yang dapat digunakan lebih lama. Mainan yang Moms bisa berikan adalah stimulation toys. Mainan seperti blok atau texture mat bisa Moms pilih sebagai hadiah. Mainan-mainan ini berguna untuk merangsang perkembangan otak Si Kecil. Sehingga hadiah yang Moms berikan tidak hanya menghibur tapi juga bisa mengedukasi.

Mungkin Moms berpikir bahwa mainan ini terlalu jauh diberikan untuk newborn, karena baru bisa digunakan di usia lima bulan ke atas. Tapi jangan khawatir, waktu akan berjalan sangat cepat bagi perkembangan Si Kecil, sehingga hadiah Moms akan berguna bagi orang tua. Apalagi kebanyakan Moms dan Dads baru akan lebih banyak menyiapkan kebutuhan pokok, seperti pakaian dan popok bayi. Sehingga hadiah ini bisa melengkapi peralatan kebutuhan Si Kecil. Orang tua Si Kecil juga akan merasa senang diberikan mainan yang mengasah otak Si Kecil. 

3. Alat pengukur suhu tubuh

 

 

Kado untuk bayi baru lahir berikutnya adalah alat pengukur suhu tubuh alias thermometer. Barang ini sudah hampir pasti dibutuhkan oleh banyak orang tua, hanya saja banyak yang melupakan pentingnya hal tersebut.

Orang tua kerap mengukur suhu tubuh Si Kecil dengan punggung tangannya kala demam. Dengan termometer, Moms bisa mendapatkan data yang akurat. 

Selain itu, termometer juga merupakan barang yang tidak kenal basi alias tahan lama. Moms hanya perlu menyimpannya di suhu yang sejuk dan bisa terus digunakan sampai Si Kecil tumbuh dewasa sekalipun. 

4. Popok bayi sekali pakai

Popok bayi merupakan barang paling penting yang bisa diberikan sebagai kado untuk bayi baru lahir. Meskipun biasanya para Moms pasti sudah membeli stok popok bayi untuk menyambut Si Kecil, Namun hal ini tidak membuat popok bayi tidak bisa dipilih menjadi hadiah bagi Moms yang baru melahirkan. Nah Moms bisa memberikan popok bayi yang Moms tahu memiliki daya serap tinggi dan permukaan yang lembut. Moms bisa memberikan rekomendasi popok bayi yang telah Moms pilih buat anak Moms sendiri.

Moms bisa membelikan popok bayi dari Merries sebagai kado untuk bayi baru lahir. Karena Merries memiliki pilihan ukuran yang dikhususkan untuk bayi yang baru lahir atau NB. Popok ukuran NB dari Merries adalah popok dengan tipe perekat sehingga akan memudahkan Moms yang ingin menggantikan popok bayi yang sedang berbaring. Perekat popok NB dari Merries juga dapat dilepas pasang, cocok untuk Moms dan Dads yang baru menjadi orang tua dan masih belajar memasangkan popok pada Si Kecil.

Selain popok untuk newborn, Moms juga bisa membelikan popok untuk ukuran lebih besar agar nantinya bisa digunakan di kemudian hari. Seperti popok ukuran S hingga M. Hal ini akan membantu untuk meringankan Moms dan Dads dalam memenuhi kebutuhan pokok Si Kecil. Sebagai referensi ukuran, rangkaian produk dan fitur popok Merries dapat dicek di sini.

5. Uang 

Ini merupakan hal mendasar yang dibutuhkan oleh orang tua maupun bayi. Moms bisa memberikan uang tunai maupun voucher belanja sebagai kado untuk bayi baru lahir. Moms pasti tahu juga memahami kalau kebutuhan bayi saat baru lahir sangat tinggi dan seperti tidak ada habisnya. Ada banyak barang dan juga tenaga yang harus disiapkan untuk mencukupi kebutuhannya. Apalagi jika bayi adalah anak pertama. Dengan memberikan uang atau voucher belanja seperti gift card, Moms bisa membiarkan orang tua baru untuk membeli perlengkapan sesuai kebutuhan mereka. 

Memang bagi sebagian orang, memberikan uang rasanya tidak pas, tetapi percayalah, dengan memberikan dana tunai Moms bisa meringankan beban ekonomi keluarga dan juga Si Kecil sekaligus. Tetapi ada baiknya Moms melihat dan menanyakan dulu tentang bagaimana kondisi Si Kecil. Bercakap-cakap tentang bagaimana proses melahirkannya, lalu lanjut ke apakah kebutuhan Si Kecil sudah terpenuhi semua. JIka ya, Moms bisa memberikan uang sebagai kado untuk bayi baru lahir yang anti mubazir. Gift card bisa menjadi alternatif jika Moms tidak nyaman memberikan uang tunai. 

Memiliki bayi merupakan impian banyak orang. Pasalnya dengan hadirnya Si Kecil, kebahagiaan rasanya semakin lengkap. Hidup juga menjadi lebih berwarna dengan berbagai pengalaman menjadi orang tua.